√ Resetter Epson L120 (Download & Cara Reset Printer)

Resetter merupakan suatu alat yang berguna untuk upaya mengosongkan atau mereset kembali penyimpanan printer, sehingga bisa dilakukan pengeprintan lagi. Salah satu resetter yang cukup banyak dibutuhkan adalah resetter Epson L120.

Saat printer tidak berfungsi, hal tersebut ditandai dengan pergantian nyala lampu led atau yang biasa disebut dengan blinking. Hal ini umumnya disebabkan karena kapasitas penyimpanannya telah melampaui batas, sehingga harus ditangani agar dapat berfungsi normal kembali.

Download Resetter Epson L120

Epson L120 merupakan salah satu jenis printer hemat biaya yang dimanfaatkan untuk mencetak beragam jenis dokumen atau gambar. Printer ini dibuat tanpa menggunakan tinta suntik, namun memakai tinta refill khusus yang bisa diisi dengan praktis.

Dalam satu kali isi, bisa digunakan untuk mencetak berlembar-lembar halaman. Meskipun tergolong sebagai printer canggih, bukan berarti pengguna tidak akan menemukan kendala saat menggunakannya.

Salah satu permasalahan pada printer tersebut bisa ditandai dengan terjadinya blinking atau berkedip pada lampu indikator tinta. Lampu yang berkedip ini berlangsung secara bergantian.

Dalam hal ini, dibutuhkan suatu alat yang bisa digunakan untuk memperbaiki kondisi tersebut, salah satunya resetter Epson L120. Resetter ini dapat diunduh melalui link di bawah:

https://drive.google.com/file/d/1nzjx7eTqLlUeySW-HpRZT2hVWRVpitzE/view

Langkah-langkah yang perlu dipraktikkan yakni sebagai berikut:

  • Langkah pertama, operasikan aplikasi dengan cara tap sebanyak dua kali pada ikon exe. Namun, sebaiknya dioperasikan dengan klik kanan, lalu pilih run as administrator.
  • Tap opsi Select, kemudian pilih.ah seri printer yang terdapat pada Model Name. Adapun Port USB sebaiknya menggunakan Auto Selection, kemudian klik tombol OK
  • Tap menu Particular Adjustment Mode, kemudian pilih Waste ink pad counter. Setelah itu, klik tombol OK.

Tap menu Particular Adjustment Mode, kemudian pilih Waste ink pad counter. Setelah itu, klik tombol OK.

  • Laah berikutnya, centanglah Main pad counter dan tap opsi Check. Tujuannya yakni untuk menampakkan beberapa informasi penting terkait printer, tidak terkecuali jumlah kertas yang sudah dicetak.
  • Kemudian, centang kembali Main pad counter.
  • Lanjutkan dengan tap opsi Initialization. Tunggulah hingga proses reset tuntas dilakukan.

Lanjutkan dengan tap opsi Initialization. Tunggulah hingga proses reset tuntas dilakukan.

  • Jika sudah selesai, maka layar laptop atau PC akan menunjukkan notifikasi berupa “Please turn on dan turn off your printer“. Pada tahap ini, silakan mematikan printer Epson L120 kamu, lalu nyalakanlah kembali.
  • Terakhir, cek lagi lampu indikator printer. Jika sudah dipastikan tidak berkedip, artinya printer tersebut telah tereset dan bisa untuk dipakai.

Baca: Resetter Epson l3110

Cara Reset Printer Epson L120

Saat printer Epson L120 mengalami error, maka kamu perlu menanganinya dengan langkah-langkah yang tepat. Indikasi terjadinya error ditandai dengan perangkat yang tidak bisa mencetak dan lampu indikator yang berkedip secara tidak beraturan.

Jika mengalami kondisi tersebut, maka gunakanlah aplikasi resetter Epson L120 untuk menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi pada printer Epson L120. Menggunakan resetter jenis ini cukup menguntungkan karena bisa dipakai secara gratis untuk segala tipe printer Epson seri L.

Error pada printer juga ditandai dengan layar monitor komputer terkadang juga muncul notifikasi error, seperti “Service Required”, “Ink pad is at the end of its service live”, “it is nearly time to reset the ink levels”, “Ink waste is full”, “it is time to reset the ink levels”, dan sebagainya.

Beberapa faktor penyebab terjadinya error tersebut yakni karena tinta pada cartridge kotor atau meluber, cartridge rusak atau tidak rapat, kehabisan tinta di dalam tabung, dan counter ink pad telah penuh atau waste ink pad counter.

Adapun penyebab lain yang perlu dipahami yakni printer yang minta reset tinta, kertas tertinggal dalam roller, cetakan yang mencapai batas maksimal, dan berbagai faktor lainnya. Lalu, bagaimana cara mereset printer Epson L120? Ikuti petunjuk yang dijelaskan di bawah ini:

  • Langkah pertama, download aplikasi Resetter lebih dahulu melalui web browser. Selanjutnya, ekstrak dan instal aplikasi tersebut di laptop atau PC Anda.
  • Selanjutnya, aktifkan printer Epson dan bukalah aplikasi resetter.
  • Tekan tombol Select, kemudian pilih versi L120 atau versi lain yang sesuai printer milik kamu.
  • Berikutnya, pilihlah mode yang terdapat pada menu Particular adjustment mode.
  • Tap opsi Waste ink pad counter, lalu periksalah bagian play pad yang terdapat di kotak tengah.

Tap opsi Waste ink pad counter, lalu periksalah bagian play pad yang terdapat di kotak tengah.

  • Lanjutkan dengan tap opsi instalasi dan klik Ok di pesan pop-up yang keluar pada notifikasi.
  • Langkah berikutnya, hidupkan ulang printer kamu.

Baca: Printer Tidak Bisa Ngeprint

Cara Reset Epson L120 Secara Manual

Cara Reset Epson L120 Secara Manual

Salah satu metode yang paling mudah dalam melakukan reset Epson L120 yakni dengan mereset secara manual atau tanpa aplikasi. Metode yang satu ini cukup praktis jika diterapkan untuk mengatasi printer bermasalah, apalagi jika kamu tidak memiliki software adjprog.

Jadi, kamu hanya perlu melakukan perbaikan pada beberapa bagian printer yang dilakukan tanpa menggunakan tools atau alat tambahan. Tata cara memperbaikinya yakni sebagai berikut:

Langkah pertama, cabutlah kabel daya kurang lebih selama 3 sampai 5 menit atau hingga tidak ada aliran listrik yang ada di dalam printer.

  • Colokkan kembali kabel dayanya, lalu tekan tombol Power agar printer menyala kembali.
  • Tunggulah printer agar bisa menyala dengan sempurna.
  • Kemudian, tekan dan tahan bagian tombol Resume atau logo tinta selama kurang lebih 5 detik, lalu lepas.
  • Ulangi dengan menekan dan menahan tombol Resume dalam waktu 3 detik, kemudian lepaskan.
  • Pada fase ini, printer Epson L120 akan melakukan proses reset secara otomatis dengan sendirinya.
  • Jika cara ini berhasil, maka lampu indikator tidak lagi berkedip.
  • Untuk memastikannya, cek dengan mencetak dokumen.

Baca: Cara Cleaning Printer

Solusi Gagal Reset Epson L120

Solusi Gagal Reset Epson L120

Meskipun sudah melakukan serangkaian metode perbaikan, ada kalanya printer Epson L120 gagal untuk direset. Misalnya, meskipun sudah direset, namun lampu indikator pada printer tetap berkedip. Jika masih mengalami gagal reset, solusi terakhir yang bisa dilakukan dengan memperhatikan langkah berikut:

  • Langkah pertama, bersihkan lagi kedua catridge dan sedot atau keluarkanlah tinta yang terdapat di dalamnya.
  • Pastikan agar pemasangan cartridge yang berwarna dan yang hitam tidak tertukar.
  • Bersihkanlah busa yang menjadi tempat cartridge berhenti (posisinya ada di sebelah kanan) hingga kering.
  • Kemudian, pastikan agar selang tintanya tidak menghambat jalur cartridge.
  • Sedotlah sisa tinta yang terdapat di dalam tabung atau vacum pembuangan.
  • Kemudian, cabut kabel power kurang lebih 3 menit sebelum meresetnya.
  • Berikutnya, pastikan agar roller tidak dihambat oleh sisa kertas atau benda asing lainnya.
  • Jika solusi terakhir ini sudah dipraktikkan, namun printer Epson L120 tidak kunjung berfungsi secara normal, maka sudah saatnya kamu membawanya ke tukang service agar memperoleh perbaikan yang tepat.

Baca: Cara Sharing Printer

Kesimpulan

Kondisi error pada printer Epson L120 dapat diatasi dengan beberapa opsi, yakni secara manual atau melalui aplikasi resetter. Agar bisa menggunakan resetter, maka harus mengunduh software Adjprog.exe terlebih dahulu.

Jika cara memperbaiki printer melalui resetter Epson L120 dan secara manual tidak bisa memulihkan printer seperti semula, maka langkah terbaik yang bisa diambil adalah dengan membawanya ke tukang service profesional.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.