√ 3 Cara Berhenti Berlangganan IndiHome Terbaru

Berlangganan jaringan internet, telepon, dan TV kabel IndiHome memang sangat mudah dan hampir bisa dilakukan oleh siapapun. Namun berbeda dengan cara berhenti berlangganan layanan tersebut.

Ya! Sebagian besar pengguna IndiHome memang belum mengetahui bagaimana cara untuk berhenti berlangganan, kecuali untuk yang sudah pernah melakukannya.

Secara sederhana, kamu hanya perlu mengutarakan maksud untuk berhenti berlangganan kepada pihak Telkom, lalu menjalankan prosedur yang berlaku. Namun bagaimana detailnya?

Untuk menjawabnya, berikut Berakal telah menyiapkan beberapa cara berhenti berlangganan IndiHome lengkap dengan syarat dan ketentuannya. Silahkan dibaca!

Syarat Berhenti Berlangganan IndiHome

Sebelum masuk ke pembahasan cara berhenti langganan IndiHome, kamu harus mengetahui apa saja syarat untuk mengajukan pemberhentian layanan.

Berikut syarat dan ketentuannya:

  • Fotocopy identitas (KTP, SIM, atau identitas lain) atas nama pemilik layanan IndiHome. Untuk pengurusan secara langsung (offline).
  • Foto atau Scan identitas (KTP, SIM, atau identitas lain) atas nama pemilik layanan IndiHome.
  • Jika buka pemilik (atas nama) langganan IndiHome, harus disertai surat kuasa yang sudah ditanda tangani menggunakan materai oleh atas nama dan disertai identitas kedua belah pihak, pemilik dan orang yang mengajukan.
  • Pelunasan tagihan bulan terakhir. Apabila sudah dibayarkan, bawa bukti pembayaran.*
  • Pelunasan bulan yang sedang berjalan.**
  • Pengembalian perangkat.
  • Materai dan stempel kantor (khusus untuk instansi).***

Keterangan:

*) Pelunasan tagihan bulan terakhir: Kamu wajib membayarkan tagihan bulan terakhir pemakaian saat mengajukan benhenti langganan.

Contoh: Saat kamu akan berhenti langganan di bulan Oktober tanggal 12. Berarti kamu sudah harus melunasi tagihan bulan September.

Tagihan atau Invoice akan keluar setiap tanggal 5.

**) Pelunasan bulan yang sedang berjalan: Kamu juga harus membayar sejumlah tagihan yang dihitung dari tanggal Invoice sampai tanggal pengajuan pemberhentian layanan.

Contoh: Kita ambil dari contoh di atas yaitu berhenti langganan pada tanggal 12 Oktober. Selain harus melunasi bulan September, kamu juga harus membayar tagihan dari tanggal 5 (tanggal invoice keluar) sampai tanggal 12 (tanggal pengajuan berhenti). Besarannya akan dikalkulasikan saat kamu mengajukannya.

***) Materai dan stempel hanya dibutuhkan untuk berhenti langganan IndiHome untuk instansi, seperti perusahaan, kantor, dan bentuk instansi lain. Untuk penggunaan pribadi tidak perlu.

Bagaimana? Sudah paham kan? OK! Saatnya masuk ke cara berhenti layanan WiFi IndiHome.

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome Terbaru

Setidaknya ada 3 cara berbeda yang bisa dilakukan untuk berhenti langganan jaringan internet dan TV kabel dari IndiHome.

Yaitu mengunjungi plasa Telkom terdekat, menghubungi call center, dan menhubungi melalui media sosial.

Kami lebih menyarankan untuk mengunjungi Plasa Telkom langsung, karena prosesnya akan lebih jelas dan lebih cepat dibanding dengan cara lain.

Meski begitu, kami tetap akan menjelaskan semua caranya di bawah ini.

1. Kunjungi Plasa Telkom IndiHome

Plasa Telkom

Cara berhenti langganan IndiHome pertama yang terbukti paling cepat, ampuh, dan pasti berhasil yaitu dengan mendatangi Plasa Telkom terdekat.

Selain prosesnya cepat, kamu juga akan mendapatkan semua informasi mengenai proses berhenti langganan IndiHome.

Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Siapkan semua persyaratan berhenti layanan IndiHome yang sudah kami sebutkan di atas.

Langkah 2: Kunjungi Plasa Telkom terdekat. Ingat, kunjungi saat jam kerja ya! Berikut jadwalnya:

Hari Jam Kerja
Senin – Jumat 08.00 – 16.00
Sabtu 08.00 – 12.00

Langkah 3: Ambil antrian untuk ke Customer Service.

Langkah 4: Ajukan permintaan untuk berhenti berlangganan IndiHome.

Perhatikan: Pada langkah ini, biasanya kamu akan diminta untuk melakukan beberapa hal, diantaranya adalah:

  • Menuliskan nomor tagihan IndiHome.
  • Memberikan berkas berupa fotocopy KTP atas nama pemilik layanan dan berkas pendukung lain (jika diperlukan).
  • Mengisi formulir pengajuan berhenti langganan.
  • Memberikan alasan berhenti berlangganan layanan IndiHome.

Itu hanya gambaran umumnya saja, semua prosesnya akan dipandu langsung oleh Customer Service. Jadi tidak usah bingung!

Langkah 5: Melakukan pelunasan tagihan bulan berjalan.

Setelah kamu melakukan langkah-langkah di atas, beberapa hari kedepan teknisi IndiHome akan mendatangi rumah kamu untuk mengambil perangkat IndiHome sekaligus mencabut jalur akses kabelnya.

2. Hubungi Call Center IndiHome (147)

call center

Buat kamu yang rumahnya jauh dari Plasa Telkom dan tidak memungkinkan untuk pergi kesana, kamu bisa mengajukan berhenti langganan dengan menelpon Call Center IndiHome.

Berikut langkah-langkah untuk melakukannya:

Langkah 1: Telpon Call Center IndiHome di nomor 147. Jangan lupa untuk menambahkan kode area di depannya.

Biaya telepon sebesar 1.000/menit. Jadi siapkan sejumlah nominal yang kiranya mencukupi.

Langkah 2: Setelah tersambung, sampaikan bahwa kamu akan berhenti berlangganan layanan IndiHome.

Langkah 3: Kamu akan dipandu untuk melakukan pemberhentian layanan. Seperti disuruh untuk mengirimkan berkas persyaratan dan melunasi sejumlah tagihan.

Langkah 4: Penuhi permintaan Call Center termasuk membayar sejumlah tagihan bulan lalu dan tagihan bulan berjalan.

Setelah semua proses selesai dan pengajuan berhenti langganan disetujui, maka layanan IndiHome akan segera nonaktif.

3. Berhenti Melalui Media Sosial

IndiHome Care

Bisakah berhenti berlangganan IndiHome secara online melalui media sosial? Jawabannya, bisa.

Kamu bisa mengajukan berhenti langganan melalui fanspage resmi IndiHome di Facebook.

Berikut cara lengkapnya:

  1. Buka Facebook kamu.
  2. Cari fanspage IndiHome yaitu @indihomecare.
  3. Pilih opsi Kirim Pesan, lalu tulis pesan bahwa kamu ingin berhenti berlangganan.
  4. Tunggu hingga mendapatkan respon balasan dari IndiHomeCare.
  5. Biasanya, pihak IndiHomeCare akan meminta beberapa persyaratan seperti identitas, nomor tagihan, email, nomor HP, dan sebagainya.
  6. Ikuti saja panduan yang diberikan oleh IndiHomeCare.
  7. Lunasi tagihan bulan lalu dan bulan berjalan.

Selain melalui Facebook, kamu juga bisa menghubungi IndiHomeCare melalui Twitter di akun yang sama yaitu @IndiHomeCare. Prosesnya juga kurang lebih sama dengan yang di atas.

Pelajari juga: Cara Membatasi Pengguna WiFi

Berapa Lama Proses Berhenti Langganan IndiHome?

Proses berhenti berlangganan IndiHome biasanya akan dilakukan sekitar 1×24 jam.

Jadi sebelum internet benar-benar nonaktif, kamu masih bisa menggunakannya terlebih dahulu sembari menunggu prosesnya selesai.

Namun jika dalam waktu lebih dari 1×24 jam layanan masih menyala, kamu bisa menanyakannya kembali ke pihak customer service.

Oh iya! Kamu juga harus mengembalikkan perangkat IndiHome setelah proses langganan berakhir, atau teknisi dari IndiHome sendiri yang akan datang untuk mengambilnya.

Bagaimana mudah bukan? Bahkan kamu bisa melakukannya secara online melalui media sosial atau telepon Call Center. Tapi jika memungkinkan atau jika kamu ada keterlambatan beberapa bulan, sebaiknya datangi Plasa Telkom saja!

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.