√ 9 Cara Mengetahui Jenis Font dengan Mudah dan Cepat

Sedang mencari font yang sama dengan yang diliat? Anda bisa memakai cara untuk mengetahui jenis font dibawah ini.

Cara ini bisa dilakukan menggunakan PC, Android, dan iPhone. Baik secara online maupun menggunakan aplikasi seperti photoshop.

Terkadang kita merasa penasaran dan tertarik dengan sebuah font yang kita lihat. Entah hanya ingin mengetahui jenis font tersebut atau juga ingin menggunakanya.

Hal yang pertama kita lakukan mungkin menanyakan jenis font kepada seseorang yang menggunakan font tersebut. Namun apa jadinya jika tidak ada orang yang tahu mengenai jenis font tersebut.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara mengetahui jenis font. Font yang kita cari bisa dalam bentuk apa saja.

Seperti PDF, Gambar, atau bahkan hasil foto. Ada beberapa cara untuk mencari jenis font. Kita bisa mencarinya tanpa menggunakan aplikasi ataupun menggunakan aplikasi.

Menggunakan Aplikasi

Untuk kita pengguna komputer atau smartphone kita tidak perlu bingung untuk mencari nama font. Terdapat aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mencari jenis font dengan akurat.

1. Adobe Photoshop

Siapa yang tidak tahu dengan aplikasi yang satu ini. Hampir setiap laptop terdapat aplikasi photoshop dengan berbagai versi.

Namun apakah kita sudah tahu bahwa dengan menggunakan photoshop kita dapat mencari jenis font yang kita inginkan.

Cara Megetahui font menggunakan photoshop :

  1. Buka aplikasi photoshop di komputer kita.
  2. Setelah itu buka file yang berisikan font yang ingin kita ketahui.
  3. Setelah gambar tersebut terbuka. Pilih menu Type kemudian pilih Match Font.cara mengetahui jenis font di photoshop
  4. Seleksi atau pilih bagian font tersebut. Maka secara otomatis photoshop akan mencarikan nama dari font tersebut.

2. WhatTheFont iTunes

cara mengetahui jenis font melalui gambar

Untuk kita yang menggunakan iPhone kita dapat mengetahui jenis font dengan menggunakan aplikasi bernama WhatTheFont. Untuk menggunakan aplikasi ini kita hanya perlu mengunduhnya di iTunes.

Cara kerja aplikasi ini juga sangat simpel. Kita hanya perlu memotret font yang ingin kita ketahui jenisnya. Setelah itu buka aplikasi tersebut lalu buka hasil foto tadi.

Kita juga dapat membuka file berupa gambar yang terdapat font.

Secara otomatis aplikasi ini akan mencari jenis font. Namun untuk menggunakanya kita memerlukan koneksi internet.

Tanpa Aplikasi

Cara yang kedua ini bisa kita gunakan di berbagai perangkat. Seperti PC, Android, dan juga iPhone.

3. Flickr Typeface Identification

cara mengetahui jenis font di corel

Flickr merupakan sebuah situs untuk berbagi foto. Namun selain itu nyatanya Flickr bisa kita gunakan untuk mencari tahu nama font.

Didalam Flickr terdapat sebuah forum untuk berdiskusi yang diberi nama Flickr Typeface Identification. Didalam forum ini kita dapat menanyakan kepada pengguna lain.

Dengan senang hati mereka akan membantu kita dalam mencari jenis font tersebut.

Cara menggunakanya cukup mudah. Kita hanya perlu mengunjungi forum Flickr tersebut kemudian mendaftar sebagai member.

4. WhatTheFont

cara mengetahui jenis font dari gambar

Selain tersedia untuk iPhone. WhatTheFont juga tersedia secara online. Cara menggunakannya juga tidak jauh beda dengan versi iPhone.

Tentunya kita membutuhkan koneksi internet. Karena WhatTheFont merupakan sebuah situs web.

Caranya sangat mudah. Kita hanya perlu mengunjungi situs WhatTheFont. Seletah kita membuka situs tersebut selanjutnya upload foto atau gambar yang akan kita cari nama fontnya.

Maka situs tersebut akan mencarikan jenis dan juga nama font tersebut.

5. Fount

cara mengetahui jenis font pada pdf

Cara mengetahui jenis font yang selanjutnya bisa dengan menggunakan Fount. Fount merupakan salah satu situs penyedia layanan untuk mencari jenis font pada sebuah halaman.

Cara kerja situs ini berupa mencari jenis dan nama font dari sebuah situs yang sedang kita buka.

Oleh karena itu Fount merupakan pilihan yang tepat untuk kita yang ingin mengetahui jenis font pada sebuah situs.

Cara menggunakanya cukup mudah. Kunjungi situs Fount setelah itu instal plugin Fount. Setelah berhasil terpasang maka kita bisa menggunakan plugin tersebut untuk dapat mengetahui jenis font yang digunakan pada sebuah situs.

6. Identifont

cara mengetahui jenis font di android

Jika WhatTheFont menawarkan pencarian font menggunakan gambar, dan Fount menawarkan pencarian font dalam sebuah situs.

Maka Identifont menawarkan pencarian dengan cara menjawab beberapa pertanyaan. Jadi dengan menggunakan situs ini kita hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan mengenai jenis font yang ingin kita ketahui.

Pertama kita harus mengunjungi situs Identifont. Setelah itu akan muncul beberapa kolom kosong dengan beberapa pertanyaan. Jawab semua pertanyaan yang ada pada kolom yang telah disediakan.

7. FontFaceNinja

cara mengetahui jenis font di website

FontFaceNinja memiliki cara kerja yang sama dengan Fount. Dimana dapat kita gunakan untuk mencari jenis font yang ada pada sebuah halaman web.

Kita hanya perlu menginstal plugin FontFaceNinja. Setelah itu kita dapat dengan mudah mengetahui jenis font yang digunakan sebuah situs.

8. Font Matcherator

cara mengetahui jenis font di adobe illustrator

Situs lain yang dapat kita gunakan untuk mencari nama font adalah Font Matcherator. Situs ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan WhatTheFont.

Caranya cukup mudah. Kunjungi situs Font Matcherator setelah itu unggah gambar atau foto font yang akan kita cari. Setelah itu maka situs tersebut akan mulai mencari font yang telah kita unggah.

Selain mencari font dari sebuah gambar. Situs ini juga dapat mencari gambar dari sebuah link gambar. Kita hanya perlu memasukkan Image URL tersebut kedalam kolom yang tersedia. Setelah itu klik Get URL.

9. WhatFontIs

cara mengetahui jenis font huruf

Cara mengetahui jenis font yang terakhir bisa kita lakukan dengan menggunakan situs WhatFontIs. WhatFontIs merupakan sebuah situs penyedia layanan untuk mencari jenis font yaitu WhatFontIs.

Dengan menggunakan situs ini kita dapat mengetahui jenis font hanya dengan mengunggah gambar font tersebut.

Caranya cukup mudah. Buka situs WhatFontIs. Setelah itu upload gambar atau foto font tersebut. Kemudian WhatFontIs akan melakukan pencarian jenis font dalam gambar tersebut.

Selain itu kita juga bisa memasukkan URL sebuah gambar untuk mencari jenis font yang ada pada gambar tersebut.

Itulah beberapa cara mengetahui jenis font dengan akurat. Kita bisa mencari nama atau jenis font hanya dengan menggunakan foto atau gambar font tersebut. Selamat Mencoba!

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.