Gedget  

Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser di Handphone Android

Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser Android - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Meskipun kebanyakan antarmuka sistem operasi Android dilengkapi browser bawaannya sendiri, pengaturan default untuk itu bisa kita ganti dengan aplikasi lain seperti Google Chrome.

Bagi saya pribadi, browser merupakan perlengkapan yang cukup penting untuk melakukan berbagai macam pekerjaan. Saya karena itu akan memilih aplikasi yang tepat supaya semua jenis situs dapat diakses dengan sempurna.

Chrome yang sangat populer di kalangan pengguna internet pun menjadi browser favorit saya. Apapun perangkat yang saya pakai akan terpasang aplikasi buatan Google ini supaya bisa mendukung setiap aktivitas.

Menjadikan Chrome sebagai default browser di berbagai macam perangkat termasuk Android untungnya sangat mudah dilakukan. Kita bahkan tidak perlu memakai layanan tambahan untuk melakukannya.

Sama seperti memasang aplikasi default pada umumnya, menjadikan Chrome sebagai browser utama juga dapat dilakukan secara langsung di halaman Settings. Kita dapat melakukannya sebagaimana langkah berikut.

Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser di Handphone Android

  1. Masuk ke halaman Settings
  2. Cari dan buka menu Apps atau Apps management
    Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser Android - 1
  3. Ketuk opsi More options (ikon titik tiga) jika diperlukan
    Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser Android - 2
  4. Pilih Default Apps
    Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser Android - 3
  5. Klik Browser
    Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser Android - 4
  6. Lalu ubah setelan ke Chrome
    Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser Android - 5

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap model dan tipe handphone akan mempunyai tampilan pengaturan yang berbeda-beda. Hal ini sangat tergantung pada versi antarmuka sistem Android yang terpasang di dalam perangkat.

Setiap antarmuka sistem Android secara spesifik soalnya akan menamai menu atau setelan di halaman pengaturan sesuai keinginan perusahaan. Mereka bahkan kadang kala tak sepakat menempatkannya di bagian yang sama.

Oleh karena itu, kita mungkin perlu menyesuaikan beberapa langkah di atas dengan antarmuka sistem Android yang digunakan di dalam perangkat apakah itu MIUI, One UI, ColorOS, Funtouch OS, atau realme UI.

Masing-masing perusahaan handphone untungnya mempunyai halaman dukungan sendiri-sendiri. Kita pun dapat mengunjunginya jika ingin mengetahui secara lebih spesifik bagaimana cara mengganti aplikasi default di antarmuka sistem terkait.

Dengan menggunakan cara yang serupa, kita pun tak hanya dapat mengubah default browser ke Chrome melainkan juga aplikasi yang lain. Kita bisa melakukannya jika sudah mengunduh platform yang diinginkan ke dalam perangkat.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.