Gedget  

Cara Mematikan Laptop dengan Pintasan Keyboard Biar Praktis

Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Supaya lebih praktis, kita dapat mematikan laptop baik itu yang berjalan dengan sistem operasi berbasis Windows maupun MacOS memakai pintasan dari tombol keyboard.

Kedua sistem komputer yang sangat populer tersebut memang dibekali dengan opsi untuk mematikan perangkat dengan cukup mudah. Hanya saja kita dapat memakainya jika mouse, touch pad, maupun touch screen dalam kondisi normal.

Apabila ketiganya tidak berjalan dengan baik, kita pun dapat menekan tombol Power selama beberapa saat untuk memutus arus dengan paksa. Namun hal ini cukup berisiko karena proses tidak akan tersimpan dan dapat merusak sejumlah komponen jika sering dilakukan.

Untungnya, terdapat sejumlah pintasan keyboard yang bisa dipakai untuk mematikan laptop secara normal sebagai alternatif yang lebih baik. Kita pun dapat memanfaatkannya jika ingin mengoperasikan perangkat dengan lebih praktis.

Masing-masing sistem operasi hanya saja mempunyai pintasan yang cukup berbeda dalam hal ini. Adapun buat kamu yang sedang mencari cara mematikan laptop dengan keyboard, berikut cara untuk melakukannya.

Cara Mematikan Laptop Windows dengan Keyboard

Memakai Pintasan Power User Menu

  1. Tekan tombol Windows dan D bersamaan untuk menutup semua aplikasi
  2. Lanjutkan dengan tombol Windows dan X
  3. Ketuk tombol U untuk membuka menu Shut down or sign out
    Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard - 1
  4. Ketuk tombol U sekali lagi untuk memilih Shut down
    Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard - 2

Metode untuk mematikan laptop dengan pintasan keyboard ini termasuk yang paling praktis untuk berbagai macam versi Windows. Kita soalnya bisa memanfaatkan Power User Menu seperti langkah-langkah di atas tanpa perlu melakukan pengaturan apapun.

Selain mematikan laptop dengan menu Shut down, terdapat juga opsi lain seperti sign out, restart, sleep, maupun hibernate yang bisa dipilih dengan mengetuk tombol sesuai huruf bertanda garis bawah (underline) pada pilihan terkait.

Memakai Pintasan Shut Down Windows

  1. Tutup semua aplikasi dengan menekan bersama tombol Windows dan D
  2. Ketuk tombol ALT dan F4 secara serentak
  3. Gunakan tombol anak panah untuk mengubah opsi ke Shut down
    Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard - 3
  4. Ketuk tombol Enter

Pintasan Shut Down Windows pun dapat menjadi alternatif yang mudah untuk digunakan. Kita di sisi lain bahkan secara umum juga bisa memakai tombol ALT + F4 untuk menutup jendela aplikasi atau pekerjaan yang sedang aktif.

Cara Mematikan MacBook dengan Pintasan Keyboard

  1. Ketuk tombol Control, Option, Command, dan Media Eject bersama-sama
  2. Konfirmasi penyimpanan pekerjaan jika diminta

Cara mematikan MacBook dengan pintasan keyboard di atas tentu bukan satu-satunya yang bisa dipakai. Jika menggunakan perangkat yang belum mendukung sensor Touch ID, kita secara khusus juga dapat melakukannya dengan menekan tombol Control, Option, Command, dan Power.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.