Ketahui Manfaatkan Asuransi Jiwa Sebelum Memilikinya

Prohrd.org – Ketahui Manfaatkan Asuransi Jiwa Sebelum Memilikinya , Pasar asuransi di Tanah Air saat ini masih besar, sejalan dengan edukasi jasa keuangan kepada masyarakat dan penguatan pengelolaan risiko oleh para pelaku usaha.

Meski begitu, penetrasi asuransi di Indonesia hingga saat ini masih rendah, sehingga membuat pasarnya pun masih besar.

Dengan kondisi tersebut, tak heran jika masih banyak orang menganggap tak penting memiliki proteksi, seperti asuransi jiwa karena hanya menghabiskan anggaran bulanan saja.

Padahal, dengan memiliki asuransi jiwa dapat menjaga kualitas hidup anggota keluarga, jika karena hal tak terduga, ditinggal pergi selamanya oleh pemegang polis sebagai tulang punggung keluarga.

Untuk membantu Anda menentukan asuransi jiwa untuk orangtua yang tepat, mari simak beberapa tips berikut.

Ketahui Manfaatkan Asuransi Jiwa Sebelum Memilikinya

Mengapa harus memiliki asuransi jiwa?

Kamu dapat memperoleh banyak manfaat dan keuntungan asuransi jiwa jika memilih produk yang cocok dengan kebutuhan dan kemampuan.

Dengan asuransi jiwa, risiko pengeluaran mendadak yang besar dialihkan menjadi pengeluaran premi rutin, sehingga kas keuangan lebih terkontrol.

Asuransi jiwa juga akan bisa melindungi kelangsungan hidup keluarga. Pasalnya, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang.

Jika kamu sebagai kepala keluarga alias pencari nafkah utama mengalami hal yang buruk, maka kelangsungan hidup keluarga akan terancam.

Memiliki asuransi jiwa bermanfaat untuk diri sendiri dan keluarga. Sebab, akan memberikan rasa aman dan melindungi ahli waris dari beban finansial.

Manfaat dari asuransi jiwa

Manfaat utama dari asuransi jiwa adalah memberikan santunan meninggal dunia serta santunan cacat jika tertanggung mengalami suatu kecelakaan atau musibah.

Berikut ini adalah manfaat lain dari asuransi jiwa:

1. Santunan untuk cacat tetap sebagian

Santunan ini diberikan jika tertanggung mengalami cacat yang tetap sebagian. Seperti jika sebagian anggota tubuh tidak berfungsi, sebut saja lumpuh kaki atau lumpuh tangan.

Biasanya uang pertanggungan yang nanti akan diberikan merupakan proporsional berdasarkan pada kerugian.

2. Santunan untuk cacat tetap total

Santunan yang satu ini akan diberikan jika tertanggung mengalami cacat tetap secara total yang menyebabkan tidak bisa bekerja. Santunan ini biasanya akan diberikan sebanyak 100 % uang pertanggungan.

3. Santunan untuk meninggal dunia

Terakhir, untuk santunan meninggal dunia. Ini akan diberikan jika tertanggung meninggal dunia. Biasanya tunjangan yang diberikan yakni sebanyak 100% bahkan lebih uang pertanggungan.

4. Manfaat lainnya

Pentingnya untuk memiliki jaminan finansial dari asuransi jiwa bisa memberikan manfaat berikut.

  • Dapat mengelola keuangan untuk keluarga
  • Bisa menjamin pendidikan anak
  • Untuk memastikan kelangsungan kehidupan keluarga tercinta
  • Dapat memberi rasa aman
  • Bisa melindungi ahli waris agar terbebas dari beban finansial.

Tips memilih asuransi jiwa terbaik

Agar tidak salah memilih produk asuransi jiwa yang sesuai kebutuhan, maka kamu bisa melihat beberapa indikator. Salah satunya, kesehatan keuangan pada laporan perusahaan tahunan.

Perusahaan dengan kondisi keuangan yang paling sehat akan menjamin kesanggupannya melunasi seluruh klaim para nasabah.

Tak hanya kesehatan keuangan perusahaan saja, berikut ini adalah tips memilih asuransi jiwa terbaik:

1. Sesuaikan kebutuhan 

Saat ini banyak sekali produk asuransi yang menawarkan beragam manfaat yang berbeda-beda. Karena itu, kamu perlu memilih produk asuransi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, manfaat asuransi jiwa untuk jaminan penyakit kritis, jaminan di hari tua atau untuk biaya pendidikan anak.

2. Cari informasi tentang apa saja manfaatnya

Selain memilih produk asuransi yang sesuai kebutuhan, kamu juga harus mengetahui semua informasi mengenai produk asuransi jiwa sedalam mungkin. Hal itu dilakukan untuk mengetahui beragam manfaat maupun proteksi yang akan diperoleh.

Kamu juga perlu mengetahui apa saja hal-hal yang tidak dapat ditanggung oleh pihak asuransi. Perhatikan juga kredibilitas dari perusahaan asuransi jiwa terkait, agar ke depannya kamu tidak dikecewakan pihak asuransi.

3. Pilih premi asuransi sesuai kemampuan

Premi asuransi adalah sejumlah uang yang perlu dibayarkan oleh para pemegang polis kepada perusahaan asuransi agar dapat mengalihkan risikonya kepada perusahaan. Jika kamu sudah membayar, nasabah pun akan mendapat proteksi asuransi jiwa.

Penghitungan premi asuransi jiwa tentu berbeda-beda bagi setiap perusahaan. Untuk itu pilihlah premi asuransi jiwa sesuai dengan kemampuan kamu, apalagi jika kamu baru pertama kali memiliki produk perlindungan diri tersebut.

Anggarkan secara tepat, supaya anggaran asuransi jiwa tidak mengganggu kebutuhan lainnya. Ada baiknya memilih asuransi jiwa dengan premi relatif rendah yang tentunya memiliki manfaat secara maksimal.

4. Pilihlah produk asuransi dengan layanan terbaik

Banyak pemilik asuransi yang mengalami berbagai kendala terkait dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Tidak sedikit perusahaan asuransi jiwa yang tidak menyediakan layanan pelanggan selama 24 jam.

Sehingga, saat terjadi sesuatu atau diperlukan informasi yang penting mengenai produk asuransi jiwa yang kamu miliki, kamu akan mengalami kebingungan.

5. Perhatikan kredibilitas perusahaan asuransi jiwa

Karena perjanjian asuransi jiwa bersifat jangka panjang, maka penting untuk kamu mengetahui kredibilitas perusahaan asuransi jiwa yang dituju.

Kamu bisa memperhatikan bagaimana pengelolaan dan kinerja dari perusahaan asuransi yang kamu pilih, dan pastikan perusahaan itu tidak bermasalah.

Lewat keterbukaan itu, maka memungkinkan kamu untuk melihat bagaimana laporan keuangan dan rating dari para nasabahnya.

6. Periksalah keamanan dan privasi asuransi jiwa

Berbagai jenis asuransi jiwa saat ini disediakan secara online. Kamu perlu mengetahui seberapa ketat keamanan serta privasi data yang dijaga oleh perusahaan asuransi jiwa terkait.