Belajar Kalimat Percakapan Bahasa Sunda Sehari-Hari Artinya

Belajar Kalimat Percakapan Bahasa Sunda Sehari-Hari Artinya

Belajar Kalimat Percakapan Bahasa Sunda dan Artinya. Kosakata Sunda-Sunda adalah bahasa yang terbesar kedua di Indonesia setelah bahasa Jawa, bahasa Sunda digunakan oleh beberapa orang di Provinsi Jawa Barat dan juga Banten.Bahasa daerah adalah bahasa asli Indonesia yang harus dipertahankan, meskipun bahasa asing sekarang mulai menjaga kontrol tidak pernah dalam bahasa daerah itu sendiri. Indonesia memiliki berbagai bahasa daerah dan berbagai suku yang membuat masyarakat lebih beragam.

Jika Anda berkunjung ke Jawa Barat atau Banten, sebagian besar penduduk di sana menggunakan bahasa Sunda dalam percakapan sehari-hari.

Belajar bahasa Sunda penting bagi Anda yang ingin atau akan tinggal di lingkungan yang memiliki mayoritas orang berbahasa Sunda, baik itu sekolah atau bekerja, dsb.

Dengan mengenal dasar bahasa dan adat istiadat Sunda, hal ini dapat memudahkan Anda dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Belajar Kalimat Percakapan Bahasa Sunda Sehari-Hari Artinya

Mari kita mengenal Kosakata Sunda sehari-hari yang biasa digunakan dalam setiap percakapan bahasa Sunda.

Makalah ini akan dibagi menjadi 2 bagian, pertama adalah bentuk kosakata bahasa Sunda itu sendiri dan yang terakhir adalah penjelasan kosa kata.

Daftar Isi Artikel

  • Kosakata Bahasa Sunda Sehari- Hari
  • Penjelasan Kosakata Bahasa Sunda Dalam Tabel (Di Atas)

Sejarah bahasa Sunda

Bahasa Sunda adalah bahasa yang digunakan oleh orang Sunda. Orang Sunda biasanya sebagian besar tinggal di Provinsi Jawa Barat, Propinsi Banten, Bagian dari Propinsi Jawa Tengah, yang berada di Barat dengan batas waktu Brebes/Cipamali River. Dan ada sebagian kecil di daerah Jakarta, yang terletak di perbatasan.

Beberapa ahli bahasa Sunda di sekitar abad ke-6 dari daerah narasinya ke dataran Dieng di Jawa Tengah, berdasarkan nama “Dieng ” yang dianggap sebagai nama Sunda (asal usul kata tersebut diasap yang merupakan bahasa Sunda kuno).

Sebagai transmigrasi dan Imigrasi etnis Sunda, pembicara ini telah menyebar di luar pulau Jawa. Seperti di Lampung, Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Kalimantan Barat dan Sulawesi Tenggara.

Daftar Kosakata Bahasa Sunda Dalam Percakapan Sehari-Hari

Jangan Suka Pura – Pura
Jangan Bercanda Mulu Dong

Penjelasan Kosakata Bahasa Sunda Dalam Tabel (Di Atas)

1. Punten = permisi/Maaf

Kata  “Punten ” digunakan ketika misalnya kita melewati seseorang/kerumunan biasanya kemudian orang akan membalas dengan kata  “Mangga ” yang berarti silahkan.

Kata ini juga dapat digunakan untuk permintaan maaf, misalnya, ketika Anda secara tidak sengaja menginjak seseorang, Anda dapat menggunakan Punten yang berarti  “Maaf “.

2. hatur nuhun = terima kasih

Digunakan untuk mengekspresikan rasa syukur kepada seseorang, tetapi Anda juga dapat dengan mudah mengatakan  “nuhun “. Ketika analog dalam bahasa Indonesia hatur nuhun berarti terima kasih. Padahal  “nuhun ” adalah makasih.

3. Aya-Aya wae = ada-ADA AJA

Digunakan ketika Anda bertemu teman yang quirts konyol, pengucapan dalam kata wae, sama seperti pengucapan e dalam kata  “merek “.

Contoh pengucapannya: Ah Aya-Aya wae kamu Mah.

4. Kumaha, Damang? = Bagaimana, sehat?

Satu Kosakata ini juga bisa berarti  “apa kata? “. Hal ini biasanya digunakan untuk meminta seseorang untuk berita. Misalnya, Anda menanyakan berita tentang teman lama melalui obrolan  “Kumaha, Damang? “.

Biasanya mereka akan menjawab dengan kata “Alhamdulillah Cipaku (sehat). Sae (baik) dan seterusnya.

5. Bade Kamana? = Bagaimana SEHAT?

Digunakan misalnya ketika Anda melihat ibu seseorang lewat di depan Anda  “Bade Kamana, Mrs? “. Ini adalah kosa kata bahasa Sunda yang halus, ada juga kata  “Arek Kamana?” yang memiliki arti yang sama, namun penggunaannya lebih informal (ditujukan kepada orang yang sudah kita kenal dan tutup).

6 – 9. Kamana = di mana | Iraha = ketika | Timana = di mana | Kumaha = bagaimana.

Keempat kata tersebut adalah kata tanya dan tentu saja sangat sering digunakan orang Sunda dalam kehidupan sehari-hari mereka

Contoh = Timana, Bu? (di mana itu, BU), Kumaha ieu (bagaimana ini) dll

10. Tipayun, nya! = Duluan, ya!

Ini digunakan ketika Anda dimaafkan pertama, ada juga kata  “tiheula, yang “, yang memiliki arti yang sama tetapi kata  “Tipayun, Its! ” penggunaan itu lebih sopan.

Sebagai contoh: duh, aku harus nganter ibu ke pasar, Tipayun, dia (saat akan).

18. sakedap Deui = Sebentar Lagi

Kata lain daripada ini adalah  “Sakedeung Deui “, tetapi penggunaannya lebih informal.

19. Karunya Teuing = Kasihan ..

Karunya memiliki arti  “kasihan ” sementara Teuing adalah kata akhiran, ada juga kata  “Karunya Pisan ” yang memiliki rasa kasihan banget, Anda hanya menyesuaikan penggunaannya.

24. Bade, moal! =  Jadi, Nggak!

Digunakan untuk mengekspresikan kepastian kepada seseorang. Kata lain dari frase ini adalah  “Arek moal “. Tapi penggunaannya lebih informal.

43. sabodo Teuing = sebuah sangat Bodo

Digunakan ketika misalnya jengkel terhadap seseorang, kata bahasa Sunda biasa, Bodo Teung atau Sabodo Teuing ah.  

Jadi beberapa Kosakata Sunda sehari-hari yang sering digunakan dalam percakapan orang Sunda, jika ada Kosakata Sunda yang ingin Anda tanyakan, silakan mencoret-coret di kolom komentar. Semoga bermanfaat..

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.