8 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Ikut Asuransi Jiwa

Jentika.id – 8 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Ikut Asuransi Jiwa, Setiap perusahaan asuransi akan memiliki produk asuransi jiwa. Walau keberadaannya sudah tidak asing, namun masih banyak orang yang belum tertarik untuk memilikinya. Di Indonesia, jumlah pemilih ponsel pintar jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan pemilik premi asuransi jiwa.

Kurang dari 10% masyarakat Indonesia memiliki asuransi dibandingkan 90% masyarakat yang memiliki gadget. Hal ini tentunya sangat disayangkan, padahal asuransi jiwa memiliki banyak manfaat.

Kemudian, seberapa penting memiliki asuransi jiwa? Apalagi dengan tagihan premi yang besar setiap bulan, pasti kamu bertanya-tanya apa saja manfaatnya.

Mau tahu apa saja manfaat dari asuransi jiwa? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

8 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Ikut Asuransi Jiwa

1. Melindungi Diri dari Kejadian yang Tidak Terduga

Alasan utama bagi kamu untuk memiliki asuransi jiwa adalah mampunya asuransi ini dalam melindungi diri dan keluarga dari kejadian di masa depan.

Selama kamu membayarkan premi setiap bulannya, maka hidup asuransi akan melindungi kamu dari risiko kejadian tak terduga seperti kecelakaan, bagian tubuh yang cacat, dan musibah lainnya.

2. Sebagai Penopang Keuangan

Jika kamu adalah seorang pencari nafkah utama di sebuah keluarga, maka sudah dapat dipastikan kalau asuransi jiwa akan berguna bagi kamu. Apabila di suatu kondisi, kamu sebagai tulang punggung keluarga meninggal dunia, maka biaya premi asuransi yang selalu kamu bayarkan dapat dicairkan dan diberikan kepada keluarga yang tertinggal.

Bayangkan jika kamu tidak memiliki asuransi jiwa, maka keluarga yang kamu tinggalkan tidak memiliki uang asuransi untuk melanjutkan hidup. Tentunya ini membantu mereka jika suatu saat terjadi hal tidak diinginkan pada kepala keluarga mereka.

3. Dapat Digunakan Untuk Membayar Utang

Manfaat premi asuransi jiwa yang lainnya yaitu, ketika kamu memiliki sebuah kartu kredit atau KTA, dan memiliki tunggakan, maka uang dari asuransi jiwa itu bisa digunakan untuk membayar tunggakan yang ada di dalam kartu kredit.

Namun, itu tidak menjamin dapat membayar semua tunggakan, karena itu juga bergantung pada seberapa banyak jumlah uang yang kamu berikan ke perusahaan asuransi setiap bulannya.

Akan tetapi, setidaknya, keluarga yang tertinggal dapat diringankan bebannya dengan adanya pembayaran dari asuransi jiwa ini. Jika masih ada utang yang belum dilunaskan, tentunya sisanya akan lebih kecil daripada yang seharusnya karena sudah dibayarkan sebelumnya dengan uang asuransi.

Dengan begini, tentu saja keluarga yang ditinggalkan tidak akan terlalu pusing dalam memikirkan cara membayar hutang tersebut.

4. Memaksa Untuk Menabung

Dengan memiliki premi asuransi jiwa, maka kamu harus membayar premi dalam jangka waktu yang panjang. tentunya secara tidak langsung, kamu menyisihkan sedikit pendapatan untuk membayarkan asuransi.

Ini membuat kamu akan lebih hemat dan bijak dalam mengelola keuangan dan membuat kamu terpaksa menabung untuk masa depan. Jika uang asuransi yang didapatkan tergolong banyak, maka keluarga bisa mulai membangun bisnis untuk mendapatkan penghasilan baru.

5. Mengatasi Ketergantungan Finansial

Sebagai seorang tulang punggung keluarga, kamu tidak bisa membiayai kebutuhan sendiri saja, namun juga membiayai kebutuhan anggota keluarga lainnya. Tentunya ini membuat mereka sangat bergantung kepada kamu. Ketika sesuatu terjadi pada kamu di masa depan, tentunya kamu tidak bisa membayangkan bagaimana nasib mereka.

Oleh karena itu, premi asuransi jiwa yang kamu miliki beserta keluarga dapat jadi sebuah produk keuangan yang tepat untuk dimiliki. Hal ini berkaitan dengan biaya premi asuransi jiwa yang bisa digunakan, ketika tulang punggung keluarga mengalami kondisi yang tidak diinginkan, sehingga menyebabkan keadaan meninggal dunia.

6. Modal Pendidikan Anak

Biaya pendidikan di Indonesia setiap tahun akan terus mengalami kenaikan. Tentunya ini jadi masalah jika kamu sudah tidak ada lagi dan masih ada salah satu anggota keluarga yang melanjutkan pendidikan.

Jika kamu memiliki asuransi jiwa sejak dulu, maka tentunya besaran asuransi yang terkumpul dan yang dapat dicairkan akan lebih banyak jika kamu baru memulainya. Tentunya dengan asuransi yang cukup banyak tersebut, kamu bisa tetap melanjutkan pendidikan anak walau sudah tiada di masa depan.

7. Digunakan Untuk Biaya Pemakaman

Tidak ada satupun di dunia ini yang gratis, semua memerlukan biaya. Termasuk di dalamnya adalah biaya pemakaman yang cukup mahal. Apalagi jika pemakaman khusus atau di lokasi yang elit, maka biayanya melonjak hingga tiga sampai empat kali lipat.

Jika tidak ingin merepotkan keluarga, maka kamu bisa menggunakan asuransi jiwa. Setelah uang asuransi dicairkan maka perusahaan asuransi akan membayar biaya pemakaman. Sisanya bisa digunakan kepentingan lain seperti mempercantik nisan yang dimiliki.

8. Memberikan Ketenangan dalam Hidup

Ini adalah salah satu manfaat dari sebuah premi asuransi yaitu memberikan ketenangan dalam hidup dan pikiran. Perlu kamu ketahui bahwa masih banyak keluarga yang memiliki kehidupan yang sulit dan harus mencari berbagai cara untuk mencari nafkah.

Bukan hanya sulit bertahan hidup, namun ada juga yang mulai depresi dan putus asa sehingga memilih untuk bunuh diri. Pastinya ini tidak ingin keluarga kamu mengalaminya. Maka, dengan memiliki asuransi jiwa maka kamu sudah dapat menenangkan pikiran dan membuat kehidupan keluarga jadi lebih nyaman untuk hari ini dan masa depan.

Walau produk asuransi premi jiwa menguras dompet, namun ada manfaat jangka panjang yang bisa kamu berikan kepada anggota keluarga yang ditinggalkan. Jadi, jangan mengabaikan produk asuransi ini, ya!

Jika kamu sudah memiliki asuransi jiwa dan ingin membayarkannya secara mudah, maka kamu bisa menggunakan jasa Bukalapak dalam bayar premi asuransi yang cepat dan mudah. Saat ini Bukalapak sudah dapat membayar premi asuransi dari Asuransi Jiwa Central Asia dan Asuransi Allianz Life Indonesia, loh.

Jadi, yuk, tunggu apalagi? Jangan sampai kamu menunda keikutsertaan asuransi jiwa, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.