√ Cara Mengatasi Jaringan Indosat Lemot Padahal 4G

Sebenarnya harga paket Indosat lebih murah, jika dibandingkan dengan provider lainnya. Bahkan ada beberapa opsi paket Indosat yang menawarkan unlimited Youtube yang menggiurkan. Namun tidak pula para pengguna provider ini yang mengeluhkan, jika Indosat lemot.

Sebenarnya ada berbagai macam penyebab kenapa jaringan internetnya menjadi lemot. Dan salah satunya faktor utamanya adalah tempat. Biasanya kecepatan koneksi internet di pedesaan akan berbeda dengan perkotaan.

Hal ini karena jangkauan sinyal provider yang berbeda-beda. Pasalnya tidak semua provider menempatkan tower di seluruh tempat. Karena hal inilah, kenapa koneksi internet di pedesaan lebih lemot, karena sinyal yang tidak stabil.

Kenapa Koneksi Indosat Lemot?

Berikut dibawah ini ada beberapa alasan kenapa jaringan Indosat lemot banget.

1. Area Minim Jaringan Internet

Area Minim Jaringan Internet

Ketika kamu mengalami gangguan internet dan berada di di lokasi yang cukup jauh dari kota, maka tidak menutup kemungkinan wilayah yang kamu tempati tidak terjangkau jaringan internet, khususnya provider Indosat.

Baca: Cara Transfer Pulsa Indosat

2. Jaringan Indosat Sedang Down

Jaringan Indosat Sedang Down

Koneksi internet yang lemot juga bisa disebabkan oleh gangguan teknis dari provider sebut. Biasanya ini menjadi alasan umum mengapa jaringan Indosat menjadi lemot padahal sudah memakai 4G.

Namun penyebab seperti ini jarang terjadi karena pihak Indosat selalu berusaha untuk memberi pelayanan terbaik bagi para penggunanya. Tapi jika hal ini terjadi maka kamu bisa menunggu beberapa saat sampai jaringan internet stabil kembali.

3. Dipakai pada Ponsel Lama

Dipakai pada Ponsel Lama

Ponsel yang kamu pakai terkadang memiliki pengaruh dengan kecepatan internet. Biasanya ponsel dengan keluaran terbaru memiliki fitur yang mampu menangkap sinyal dengan lebih baik jika dibandingkan dengan ponsel keluaran lama.

Baca: Cara Upgrade Kartu Indosat

Cara Mengatasi Jaringan Indosat Lemot

Berikut dibawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi jaringan Indosat yang lemot, diantaranya:

1. Restart Android

Restart Android

Biasanya pengaplikasian koneksi jaringan atau APN di tahap sebelumnya membutuhkan proses restart terlebih dahulu supaya memberikan efek. Maka dari itu sesudah mempraktikkan cara sebelumnya silahkan kamu lakukan restart terlebih dahulu pada HP yang digunakan.

Banyak orang yang melakukan cara ini pada saat efek APN baru belum terasa. Biasanya sesudah proses restart maka jaringan internet Indosat lemot saat hujan akan kembali normal, atau paling tidak jauh lebih baik dari sebelumnya.

2. Gunakan Malam Hari

Gunakan Malam Hari

Tidak sedikit orang yang beranggapan saat malam hari, kecepatan jaringan internet akan meningkat. Memang hal ini ada benarnya, kecepatan jaringan internet baik untuk mengupload atau mendownload terasa lebih cepat jika dibandingkan pada waktu siang hari.

Alasannya yaitu banyak pengguna internet tidur di malam hari. Sehingga penggunaannya tidak banyak traffic internet menjadi longgar. Pasalnya kalau pengguna internet semakin banyak maka kecepatannya cenderung menurun.

Namun pemikiran seperti ini tidak digunakan oleh semua orang. Tidak mungkin sama orang memakai internet hanya malam hari untuk memperoleh koneksi yang yang lebih cepat.

3. Diamkan HP Beberapa Saat

Diamkan HP Beberapa Saat

Pemakaian ponsel dalam jangka waktu yang terlalu lama tentu membuat suhu ponsel kirim menjadi panas. Perlu kamu ketahui jika suhu suhu panas di ponsel juga bisa menyebabkan kinerja menjadi lambat, termasuk jaringan internet pada Indosat menjadi lemot.

Sebenarnya ini tidak hanya terjadi pada perangkat ponsel, namun komputer atau laptop yang memakai modem juga akan mengalami hal seperti ini. Pada intinya ketika perangkat yang kita pakai sudah panas maka kinerja nya akan semakin lambat.

Maka untuk mengatasi internet Indosat yang koneksinya lemot atau provider lainnya, alangkah baiknya menghentikan pemakaian perangkat beberapa saat.

Apabila suhu panas sudah mulai menurun, kamu bisa menggunakan lagi perangkat tersebut. Selain itu suhu panas juga dapat menyebabkan over baterai temperatur.

Baca: Cara Setting APN Indosat

4. Setting APN Indosat

Setting APN Indosat

Cara mengatasi jaringan Indosat lemot parah selanjutnya yaitu melakukan setting APN Indosat. Namun perlu kamu ketahui jika atm setiap provider berbeda-beda. APN Indosat sendiri pasti tidak sama dengan APN Telkomsel.

Artinya kamu harus menyesuaikan supaya memperoleh koneksi yang bagus. Secara bawaan Indosat memberikan APN default di HP kamu yaitu Indosat GPRS. Namun Kebanyakan orang tidak pernah memakai APN tersebut pasalnya dianggap kurang bagus sehingga lebih memilih APN lain.

APN yang biasanya digunakan oleh semua provider yaitu internet. Jenis HP ini dapat dipakai untuk semua operator mulai dari Axis, Telkomsel, Indosat, Tri, Provider lainnya. Settingan APN-nya adalah sebagai berikut:

  • Name: internet
  • APN: internet
  • Username: (kosongkan saja)
  • Password: (kosongkan saja)

5. Aktifkan Mode Pesawat

Aktifkan Mode Pesawat

Cara mengatasi jaringan Indosat lemot lainnya yaitu dengan melakukan mode pesawat. Nah buat yang belum tahu mode pesawat merupakan mode paling utama dan biasa digunakan orang-orang untuk mengatasi masalah seperti ini.

Tujuan dari mode pesawat yaitu melakukan reconnect jaringan, artinya jaringan akan memulai ulang dengan IP baru. Cara ini tidak hanya berlaku untuk provider Indosat saja, namun bisa dipakai pada semua operator.

Pada intinya setiap jaringan internet mulai lambat bahkan tidak ada respon sama sekali, kamu bisa langsung mengaktifkan mode pesawat. Sesudah mode pesawat aktif, nanti dengan sendirinya jaringan internet akan terputus.

Nah sesudah itu kamu bisa menonaktifkan kembali mode pesawat. Biasanya koneksi internet akan kembali normal pakan stabil.

6. Setting Mode Jaringan

Setting Mode Jaringan

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba gunakan untuk mengatasi jaringan Indosat lemot yaitu setting mode jaringan itu sendiri.

Di perangkat Android kita akan diberikan beberapa pilihan mode jaringan yang dapat dipakai seperti hanya LTE/3G/2G (sambung otomatis), 3G, 3G/2G (sambung otomatis), atau Hanya 2G. Di pengaturan itu kami sarankan untuk merubah mode nya menjadi otomatis.

Tujuannya sendiri supaya sinyal internet bisa menyesuaikan dengan lokasi di mana kamu berada, dengan begitu internet akan cenderung lebih stabil. Adapun untuk langkah-langkahnya, bisa mengikuti panduannya di bawah ini:

  1. Langkah pertama buka terlebih dahulu menu pengaturan di HP kamu.
  2. Kemudian masuk ke pengaturan koneksi.
  3. Setelah itu kamu pilih jaringan seluler.
  4. Lalu pilih mode jaringan SIM yang kamu pakai untuk internet.
  5. Selanjutnya atur mode nya menjadi LTE/3G/2G (sambung otomatis).
  6. Kemudian tunggu beberapa saat sampai sinyal internet muncul. Biasanya sinyal akan terputus sebentar dengan sendirinya. Selesai.

Baca: Cara Cek Kuota Indosat

7. Gunakan Perangkat Lain

Gunakan Perangkat Lain

Untuk mengatasi jaringan Indosat lemot kamu bisa menggunakan perangkat lain. Seperti yang kita ketahui jika kecepatan maksimal serta penangkapan sinyal itu sendiri berbeda-beda setiap perangkat.

Artinya hal ini juga berpengaruh terhadap kecepatan jaringan internet itu sendiri. Maka dari itu kamu bisa mencoba memakai perangkat lain. Misalnya dengan mencoba smartphone lain, nanti dilihat apakah berpengaruh atau tidak.

8. Hapus Cache Browser

Hapus Cache Browser

Cache Browser berguna sebagai tempat untuk menyimpan data-data browsing, yang mana fungsinya yaitu mempercepat loading. Namun perlu diketahui terkadang terlalu banyak data cache malah membuat jaringan internet menjadi lambat.

Termasuk pada saat kamu menggunakan jaringan Indosat. Maka dari itu kamu bisa menghapus cache di browser yang digunakan. Itulah pembahasan di atas mengenai cara mengatasi internet Indosat lemot.

Mungkin cara-cara diatas hanya cara umum yang biasa digunakan oleh orang-orang. Namun tidak ada salahnya jika kamu mengalami hal seperti ini bisa dicoba digunakan.

Dan perlu kamu ketahui, ada banyak penyebab yang membuat jaringan internet menjadi lambat. Namun kamu tidak perlu khawatir pasalnya sudah mengetahui bagaimana cara mengatasinya sesuai dengan panduan di atas.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.