√ Cara Cepat Ajukan Pengembalian Barang di Shopee

Ketika berbelanja online di e-commerce termasuk Shopee, salah satu hal yang paling penting adalah mengetahui cara pengembalian barang di Shopee. Seperti yang kita ketahui, jika Shopee adalah salah satu jenis marketplace terbesar di Indonesia dengan jumlah konsumen terbanyak.

Pengembalian pesanan ini memungkinkan kamu untuk memperoleh barang yang tidak sesuai dengan pesanan kamu. Jadi, ketika barang yang kita terima rusak atau tidak sesuai dengan pesanan, maka kamu bisa mengembalikan barang tersebut kepada penjualnya.

Namun buat kamu yang belum tahu atau bingung bagaimana caranya. Tidak perlu khawatir, karena sudah kami rangkum panduannya di artikel ini. Jadi, bisa di simak sampai selesai supaya bisa paham.

Syarat dan Ketentuan Pengembalian Shopee

Syarat dan Ketentuan Pengembalian Shopee

Sebelum kamu tahu cara pengembalian barang di Shopee ada sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu syarat dan ketentuannya. Pasalnya tidak semua kondisi bisa dijadikan alasan untuk mengembalikan produk. Berikut dibawah ini beberapa syarat dan ketentuannya:

Baca: Aplikasi Toko

1. Masih Masa Garansi

Garansi Shopee adalah sebuah perlindungan untuk konsumen dengan cara menahan dana pembeli hingga ada konfirmasi dari pembeli jika barang sudah diterima dengan baik.

Sesudah sistem tersebut menerima konfirmasi maka dana akan diteruskan ke pihak penjual.

Selanjutnya, untuk menghitung garansi Shopee sendiri dimulai dari tanggal konfirmasi pembayaran pesanan.

Jangka Waktu Garansi Shopee = Masa Pengemasan Barang + Estimasi Waktu Pengiriman.

2. Lewat situs Resmi Shopee

Baik pembeli atau penjual wajib memahami jika pengembalian barang tidak diizinkan oleh pihak Shopee secara pribadi. Namun jika bersikeras untuk melakukannya maka pihak Shopee tidak bisa memberikan jaminan terhadap keamanannya.

3. Didasari Alasan yang Jelas

Pengembalian barang ke penjual harus dialasi dengan alasan yang jelas misalnya rusak atau cacat. Apabila barang tidak sesuai pesanan, namun kamu mau mengembalikan dengan alasan berubah pikiran, maka alasan tersebut tidak diperbolehkan.

Disini kamu harus melakukan pembelian baru, sesuai dengan barang keinginan kamu.

4. Syarat dan Ketentuan Lain

  • Pembeli bisa mengajukan pengembalian barang apabila pesanan kamu belum diterima, berbeda sama dengan produk yang dipesan, dalam keadaan rusak atau cacat.
  • Proses mengajukan pengembalian barang harus mendapatkan persetujuan dari pihak penjual.
  • Pihak penjual dapat menolak retur produk apabila alasan dari pembeli tidak menyakinkan, contohnya karena berubah pikiran.
  • Penjual dan pembeli mempunyai kesepakatan dan apabila terjadi sesuatu sama barang pesanan maka bisa mengajukan pengembalian barang.
  • Waktu melakukan retur produk yang tidak melewati masa berlaku garansi Shopee.
  • Pembeli harus menambahkan bukti kesalahan pesanan pada saat menerima barang.
  • Pembeli belum menyelesaikan transaksi, dengan cara mengklik tombol pesanan telah
  • Retur uang bisa disetujui, apabila penjual sudah menerima produk yang di retur.
  • Uang akan dikembalikan dalam bentuk saldo ShopeePay, namun disesuaikan sama metode pembayaran yang dilakukan oleh pembeli.

Baca: Aplikasi Penjualan

Cara Pengembalian Produk Di Aplikasi Shopee

Berikut dibawah ini ada beberapa metode atau cara pengembalian barang di Shopee, seperti:

1. Di Shopee Mall

Apabila kamu sudah memenuhi seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku, maka kamu bisa melakukan pengembalian barang di Shopee Mall dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama login terlebih dahulu ke akun Shopee milik kamu.
  • Kemudian tekan menu saya.
  • Setelah itu tekan pesanan saya. Lalu tekan menu dikirim.
  • Selanjutnya tekan produk yang mau diajukan untuk pengembalian barang.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman rincian pesanan.
  • Silakan tekan opsi ajukan pengembalian. Lalu tekan tombol alasan.
  • Kemudian pilih alasan pengembalian barang sesuai dengan kondisi barang yang kamu terima.

Kemudian pilih alasan pengembalian barang sesuai dengan kondisi barang yang kamu terima.

  • Setelah itu tekan tombol tambah foto untuk melampirkan foto kondisi barang tersebut.
  • Selanjutnya tulis keterangan tentang produk yang kamu terima.
  • Lalu pilih opsi jasa kirim yang akan dipakai.
  • Pastikan email yang kamu pakai masih aktif.
  • Setelah itu tekan tombol kirimkan apabila seluruh data sudah sesuai.

Setelah itu tekan tombol kirimkan apabila seluruh data sudah sesuai.

  • Kemudian tekan opsi lihat instruksi untuk menemukan petunjuk pengembalian.

Setelah mengemas barang tersebut, untuk pengembalian kamu wajib menuliskan nomor resi di paket. Nomor resi tersebut ada di halaman rincian pengembalian.

Selanjutnya masukkan alamat pengembalian pada label pengiriman. Alamat tersebut bisa kamu jumpai pada label pengiriman pertama ketika menerima barang tersebut. Terakhir bahwa paket tersebut ke cabang agen logistik terdekat kamu. Selesai.

Baca: Aplikasi Kasir Android

2. Di Shopee Non-Mall

Cara pengembalian barang di Shopee Non Mall sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kamu mengembalikan barang yang berbelanja di Shopee Mall. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk pengembalian barang di Shopee COD non Mall:

  • Langkah pertama login terlebih dahulu dengan akun Shopee milik kamu.
  • Setelah itu tekan menu saya.
  • Kemudian tekan pesanan saya. Lalu tekan menu dikirim.
  • Selanjutnya tekan opsi ajukan pengembalian.

Selanjutnya tekan opsi ajukan pengembalian.

  • Silahkan kamu pilih barang yang ingin dikembalikan.
  • Jika sudah tekan tombol pilih alasan.

Jika sudah tekan tombol pilih alasan.

  • Silahkan kamu pilih alasan yang sesuai dengan kondisi barang yang kamu terima.
  • Kemudian, masukkan alamat email yang sudah terdaftar dengan akun Shopee kamu.
  • Setelah itu tekan tombol kirimkan.

Untuk pengembalian barang kamu wajib memiliki bukti yang kuat. Di mana harus bukan jika pengembalian barang sesuai dengan kejadian nyata. Apabila penjual mempunyai alasan atau bukti kuat maka pengajuan untuk pengembalian barang tersebut bisa saja ditolak.

Artinya kamu tidak bisa melakukan pengembalian barang hanya karena berubah pikiran. Terkecuali kamu sepakat dengan penjual melalui chat di akun Shopee.

Bagi paket diskon, retur produk hanya bisa dilakukan apabila seluruh produk paket diskon dikembalikan. Dengan kata lain, kamu tidak dapat mengembalikan hanya beberapa barang saja.

Baca: Aplikasi Kwitansi

Apakah Barang COD Bisa Dikembalikan?

Apakah Barang COD Bisa Dikembalikan?

Shopee menyediakan berbagai macam metode pembayaran dan pengiriman. Sehingga memudahkan para konsumennya ketika berbelanja. Dan salah satu jenis pembayarannya adalah Cash On Delivery atau yang dikenal dengan COD.

Berbelanja di Shopee dengan cara COD memang sangat praktis, bahkan sudah dilakukan banyak orang. Dengan pembayaran di tempat memungkinkan para pembeli melakukan pembayaran apabila barang pesanan sudah diantarkan oleh kurir dan diterima oleh si pembeli.

Bicara soal COD, apakah pembelian dengan pembayaran di tempat bisa di ajukan pengembalian apabila barang diterima tidak sesuai dengan pesanan atau mengalami rusak?

Seperti dengan salah satu syarat dan ketentuan di atas, barang bisa di ajukan pengembalian jika barang yang kita terima mengalami kerusakan atau tidak sesuai dengan pesanan.

Setelah itu, pembeli bisa langsung melakukan konfirmasi dengan penjual atas barang yang di beli mau di ganti dengan barang lain atau di kembalikan saja dananya ke pembeli.

Dan perlu kamu ketahui, pengembalian barang di Shopee Mall dengan metode pembayaran Cash On Delivery dapat dilakukan sebelum pembeli memilih opsi pesanan diterima.

Jadi, bagaimana dengan pembahas diatas? Apakah kamu sudah paham dengan cara pengembalian barang di Shopee Mall atau Non Mall? Dengan kamu paham langkah-langkahnya, maka akan menjadi tenang jika kamu berbelanja di Shopee, namun barang pesanan mengalami cacat atau tidak sesuai dengan pesanan.

Jadi bisa segera mengajukan pengembalian, sebelum masa garansi dari pihak Shopee habis. Dan untungnya semua e-commerce terpercaya termasuk Shopee memungkinkan para pembeli bisa mengembalikan produk tidak sesuai dengan pesanan.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.