√ 2 Cara Sharing Printer Windows 10/8/7 ke Komputer Lain

Sharing printer bertujuan menghubungkan satu printer dengan beberapa komputer lain di dalam sebuah jaringan. Dengan menerapkan cara sharing printer ini, anda dapat menghemat uang dan tempat karena tidak perlu menyiapkan printer untuk setiap komputer.

Beberapa cara sharing printer yang biasa digunakan yaitu menggunakan LAN dan WiFi. Kami melengkapi tutorial ini dengan gambar agar anda tidak terlalu bingung dalam menerapkannya. Cara ini bisa digunakan di windows 7, 8, dan 10 karena caranya tidak berbeda jauh. Berikut ini caranya.

Cara Sharing Printer di Windows

Anda perlu melakukan beberapa pengaturan di komputer windows anda yang sudah terhubung dengan printer.

Cara sharing printer:

Sehingga dengan menerapkan cara sharing printer diatas, anda sudah berhasil menghubungkan komputer satu sama lain dalam satu jaringan yang sama.

Mungkin anda bertanya, bagaimana cara mengakses printer yang sudah di share? Berikut ini caranya.

Cara Mengakses Printer yang sudah Dishare

Jika ingin komputer yang lain mengakses printer yang dibagikan, anda juga perlu melakukan beberapa pengaturan sederhana di pc.

Cara Sharing Printer dengan HomeGroup

Jika anda sudah menggunakan cara diatas etapi tidak berhasil, sebagai alternatifnya anda bisa menggunakan fitur HomeGroup yang sudah disediakan oleh Windows untuk pengguna Windows 7 keatas.

HomeGroup bisa dimanfaatkan untuk berbagai data atau printer kepada komputer lain yang terhubung di satu jaringan yang sama (wifi yang sama).

Langkah sharing printer:

  • Buka Control Panel di Laptop A, caranya tekan Windows + R dan ketik control panel kemudian Enter.
  • Kemudian klik Choose homegroup and sharing options.
  • Anda harus mengubah profil jaringan anda menjadi Private terlebih dahulu sebelum membuat HomeGroup. Jika profil jaringan sudah di private maka anda tidak akan menemukan notif seperti ini.
  • Jika belum maka pilih Change network location lalu pilih Yes untuk mengganti profil jaringan menjadi private.
  • Klik Create a homegroup untuk membuat HomeGroup
  • Kemudian klik Next
  • Pilih file yang ingin dishare. Biarkan default di langkah ini, tetapi pastikan pilih Shared di kolom Printers & Devices. Kemudian klik Next.
  • Lalu akan muncul password homegroup yang telah dibuat. Setiap komputer yang ingin masuk ke homegroup harus memasukkan password terlebih dahulu. Kemudian klik Finish.
  • Di laptop B yang ingin bergabung dengan homegroup laptop A, caranya buka menu HomeGroup melalui Control panel. Tetapi terkadang homegrup yang sudah dibuat tidak muncul, anda bisa mengakalinya dengan pilih Start the HomeRoup troubleshooter.
  • Kemudian klik Next dan tunggu hingga proses troubleshooting selesai. Umumnya hanya beberapa menit saja.
  • Kemudian akan muncul homegroup yang dibuat oleh laptop A, pilih Join now.
  • Pilih Next dan Next lagi sampai anda disuruh memasukkan password yang dibuat oleh laptop A. Jika sudah maka klik Next dan terakhir pilih Finish.

Sekarang anda sudah terhubung di homegroup dengan laptop A. Sehingga anda bisa mengakses file yang dishare oleh laptop A, termasuk printernya.

Saat anda ingin mengprint dokumen, anda tinggal memilih nama printer yang sudah di share oleh laptop A. Pastikan status printernya Ready.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.