√ Cara Rotate (Memutar) Video dengan Mudah di Filmora

Sudah selesai rekaman video, tapi hasilnya ternyata terbalik? Ada cara rotate video yang cukup mudah dengan hasil memuaskan.

Salah satunya dengan menggunakan aplikasi Filmora.

Aplikasi ini menyediakan fitur untuk memutar video sesuai dengan keinginanmu. Kelebihannya, video yang sudah diputar tidak akan berkurang resolusinya.

Ringkasan Cara Rotate Video:

  1. Import video yang ingin di-rotate pada Filmora.
  2. Pindahkan ke bar untuk mengedit.
  3. Klik ALT + E untuk masuk ke menu Edit.
  4. Transform – Rotate sesuai derajat yang dibutuhkan.
  5. Export video.
  6. Selesai.

Sebelum export video, pastikan video sudah di-rotate sesuai hasil yang diinginkan. Untuk selengkapnya, silahkan simak panduan ini sampai selesai.

Berikut Cara Rotate Video di Filmora

Banyak orang ingin tahu bagaimana cara rotate video di Windows Media Player.

Namun sayangnya, aplikasi tersebut tidak dapat digunakan untuk rotate video. Oleh karena itu, butuh aplikasi lain seperti Filmora.

Untuk memastikan hasil video yang diekspor tetap baik, ikuti cara rotate video di Filmora berikut ini.

  1. Buka aplikasi Filmora, lalu klik New Project.New Project
  2. Pada sebelah kiri terdapat kotak besar bertuliskan Import Media. Klik bagian tersebut.
  3. Bila Anda kesulitan, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah membuka bagian File lalu klik Import Media. Akan ada 4 pilihan di sana, silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan. Pada tutorial ini, karena hanya import 1 video, maka pilih Import Media Files.Import Media Files
  4. Cara lain untuk mengimport media adalah menekan tombol CTRL + I bersamaan pada keyboard.
  5. Setelah itu, pilih file video yang akan diedit. Klik satu kali pada video tersebut, lalu pilih Open di bagian bawah kotak pilihan.
  6. Jika sudah berhasil ter-import, maka media atau yang kamu pilih akan muncul di bagian kotak Import Media.cara rotate video di filmora
  7. Drag video tersebut ke bawah. Di bagian bawah, Anda akan melihat ada dua bar. Bar yang pertama berfungsi untuk mengedit video, sementara bar kedua berfungsi untuk mengedit audio. Drag video ke bagian untuk mengedit video.
  8. Setelah kamu lakukan drag, akan muncul pilihan pengubahan setting untuk resolusi. Kalau kamu ingin menggunakan setting dari Filmora, maka pilih Project Setting. Tetapi jika ingin menyesuaikan dengan media, klik Match to Media. Pilihan kedua lebih direkomendasikan agar hasil tidak pecah.Project Setting
  9. Untuk mempermudah proses pengeditan selanjutnya, kecilkan ukuran bar untuk edit. Cara mengecilkan bar ada dua. Yang pertama, drag video ke sebelah kiri setelah muncul logo dua panah ke arah kiri dan kanan. Cara kedua lebih mudah, Anda bisa klik logo minus di bagian kiri atas bar video.
  10. Selanjutnya, pergilah ke taskbar dan pilih File.
  11. Pilih Project Setting.
  12. Opsional, kamu bisa mengubah aspect ratio menjadi sesuai kebutuhan. Ada 6 pilihan di sana, salah satunya adalah custom. Kamu bisa menentukan sendiri layar yang diinginkan. Kamu juga bisa mengubah resolusi dan frame rate sesuai kebutuhan. Untuk frame rate, disarankan untuk menggunakan 30 fps.aspect ratio
  13. Klik OK bila semua setting sudah sesuai.
  14. Kembali ke bar edit untuk video. Di bagian atas sebelah kanan bar video, terdapat 10 icon dengan fungsi masing-masing. Klik bagian yang paling kanan, berbentuk seperti pengaturan. Klik Edit. Cara cepat untuk masuk ke mode edit adalah dengan klik ALT + E secara bersamaan pada keyboard.cara rotate video dengan filmora
  15. Klik bagian panah di sebelah transform.
  16. Geser pengaturan rotasi di bagian Rotate sampai sesuai dengan kebutuhan. Kamu juga bisa langsung memasukkan angkanya.cara memutar video
  17. Bila kurang lurus, pergi ke bagian preview di kotak sebelah kanan.
  18. Cari logo rotate bulat di sisi kanan atau kiri video. Sesuaikan posisinya.cara memutar rotasi video di filmora
  19. Bila video kurang kecil atau kurang besar, kamu bisa menyesuaikan video dengan frame di bagian Scale. Silahkan diperbesar atau diperkecil sesuai keinginan.
  20. Jika sudah sesuai klik OK.
  21. Preview untuk terakhir kalinya. Caranya adalah klik logo Play di bagian kotak review.
  22. Langkah terakhir adalah eksport video. Eksport sama artinya dengan save video. Akan terdapat banyak pilihan. Yang pertama adalah format, Anda bisa memilih akan save video dengan format apa, bisa MP4, MKV dan masih banyak lagi lainnya. Ubah juga nama file sesuai dengan keinginan. Bila diperlukan, ubah lokasi penyimpanan video. Jika sudah, klik Export di bagian pojok kanan bawah.Export Video
  23. Tunggu sampai file berhasil tereksport sepenuhnya. Waktu untuk menunggu tergantung seberapa besar ukuran file dan durasi video. Makin panjang durasi video, maka akan semakin lama waktu untuk menunggu.
  24. Bila file sudah ter-export sepenuhnya, klik Close. Tidak perlu Export lagi, karena file pasti sudah tersimpan di folder yang sudah ditentukan sebelumnya.

Baca juga: Cara Mengubah Format Video

Cara memutar video di laptop dengan menggunakan aplikasi Filmora cukup sederhana dan bisa dilakukan secara offline. Cara ini lebih mudah daripada harus mengunggah dulu lalu mencari situs untuk cara rotate video online. Selamat mencoba!

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.