Gedget  

Kenapa Handphone Sering Tiba-Tiba Mati Sendiri? Ini Penyebabnya!

Kenapa HP Sering Tiba-Tiba Mati Sendiri - Header

Gadgetren – Handphone sering tiba-tiba mati sendiri tentu dapat menjadi masalah yang cukup menjengkelkan bagi sebagian di antara kita apalagi saat sedang digunakan dalam keadaan penting.

Soalnya saat permasalahan tersebut muncul, berbagai macam aktivitas yang sedang dikerjakan akan sedikit tertunda lalu kita setidaknya harus menunggu handphone menyala kembali supaya bisa menyelesaikannya atau bisa jadi juga hal itu gagal untuk dilakukan.

Handphone yang sering tiba-tiba mati sendiri sayangnya bukan masalah sederhana. Di balik hal tersebut, pasti ada sejumlah kendala yang menjadi latar belakang baik itu berasal dari komponen perangkat keras maupun lunak.

Saat handphone sering mati secara tiba-tiba, kita pun sebaiknya harus segera mencari tahu penyebab kenapa hal tersebut terjadi. Permasalahan soalnya bisa saja menjadi semakin serius jika dibiarkan secara terus-menerus.

Ada sejumlah alasan kenapa handphone sering tiba-tiba mati sendiri. Termasuk sebagian di antaranya meliputi beberapa masalah teknis yang sering terjadi pada sebuah perangkat sebagaimana dalam penjelasan berikut.

Alasan Kenapa Handphone Sering Tiba-tiba Mati Sendiri

Fitur Mematikan Daya Secara Otomatis Menyala

  1. Kunjungi halaman Settings
  2. Cari dan buka menu setelan Battery
    Kenapa HP Sering Tiba-Tiba Mati Sendiri - 1
  3. Masuk ke bagian Schedule power on/off
    Kenapa HP Sering Tiba-Tiba Mati Sendiri - 2
  4. Pastikan opsi Power off time dalam keadaan mati
    Kenapa HP Sering Tiba-Tiba Mati Sendiri - 3

Sepengetahuan saya, banyak handphone kini sudah dilengkapi dengan fitur khusus untuk menghidupkan atau mematikan daya secara terjadwal melalui antarmuka sistem yang ditawarkan. Perangkat yang sering tiba-tiba mati bisa saja terjadi karena hal ini.

Ketika mengaktifkan jadwal otomatis power off di dalamnya, handphone akan mati sesuai waktu yang sudah diatur. Oleh karena itu kita perlu mengecek apakah pernah menyalakan fitur ini atau tidak dengan mengikuti langkah-langkah seperti yang dijelaskan di atas.

Hanya saja perlu diingat bahwa setiap perangkat tentu mempunyai antarmuka pengaturan sendiri dalam hal ini. Kita pun mungkin harus menyesuaikan langkah-langkah di atas untuk melakukan pengecekan fitur power off di handphone-handphone tertentu.

Bekerja Terlalu Berat

Pemakaian terlalu berat seperti bermain game secara terus-menerus memang tidak baik untuk sebuah handphone. Namun untungnya, sistem operasi modern biasanya sudah dilengkapi dengan proteksi yang cukup baik untuk melindungi komponen dari aktivitas berlebihan.

Aktivitas yang berat secara teknis akan memicu panas secara berlebihan. Supaya komponen-komponen yang dimilikinya tidak langsung terbakar atau menjadi terlalu panas, handphone pun akan secara otomatis mematikan daya untuk mengurangi beban dan menurunkan suhunya.

Kenapa HP Sering Tiba-Tiba Mati Sendiri - 4

Jadi sangat wajar apabila handphone tiba-tiba mati sendiri saat kita sedang menjalankan aplikasi atau game berat. Untuk menghindari hal itu, usahakan supaya tidak mengoperasikannya terlebih dulu di perangkat yang sama.

Masalah handphone tiba-tiba mati saat beraktivitas berat ini umumnya akan terjadi pada perangkat-perangkat lawas karena memang ada penurunan kemampuan dari komponen-komponen di dalamnya seiring pemakaian.

Penurunan Kemampuan Komponen

Semakin lama, handphone memang akan mengalami penurunan kinerja. Komponen-komponen di dalam perangkat secara perlahan-lahan akan kehilangan kemampuannya sehingga tidak dapat kembali bekerja secara optimal.

Panas yang timbul saat kita menggunakan handphone hingga benturan akibat jatuh atau terbanting dapat menjadi penyebabnya. Biasanya bisa semakin cepat terpicu apabila terdapat kesalahan pemakaian atau penggunaan yang melebihi standar.

Kenapa HP Sering Tiba-Tiba Mati Sendiri - 5[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Perangkat menjadi lebih mudah panas hingga baterai lebih cepat habis menjadi beberapa akibat yang bisa dirasakan. Pada akhirnya, penurunan kemampuan kinerja pun dapat membuat handphone sering tiba-tiba mati sendiri karena memang sudah tidak bisa bertahan lagi.

Penurunan kemampuan handphone ini pastinya akan berujung pada kerusakan-kerusakan pada sejumlah komponen. Menggantinya tentu dapat menjadi solusi yang paling tepat jika ingin kembali menggunakan perangkat dengan normal.

Terjadi Masalah di Peranti Lunak

Kesalahan yang terjadi di sisi peranti lunak juga dapat mengakibatkan handphone sering tiba-tiba mati sendiri. Mulai dari kestabilan sistem, bug, serangan malware, aktivitas rooting yang tidak pas dapat menjadi beberapa pemicunya.

Kenapa-iPhone-Tidak-Bisa-Update-iOS-Ini-Jawabannya.

Agar dapat berjalan dengan normal, handphone memang tak hanya harus disokong oleh peranti keras melainkan juga peranti lunak yang baik. Perangkat bisa saja mengalami berbagai macam permasalahan jika sistem beroperasi secara tidak wajar.

Melakukan pembaruan ke sistem teranyar, mengecek dan menghapus virus, menggunakan fitur factory reset, hingga instal ulang dapat menjadi beberapa cara yang bisa dicoba untuk memastikan bahwa handphone sedang menjalankan peranti lunak dengan normal.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.