Gedget  

Cara Mengecek Tipe Handphone Samsung Biar Lebih Mudah Cari Informasinya

Cara Mengecek Tipe HP Samsung - Header

Gadgetren – Dengan banyaknya perangkat baru yang meluncur akhir-akhir ini, kita pun tak jarang perlu mengetahui cara mengecek tipe handphone Samsung yang dimiliki saat harus mengerjakan sejumlah hal.

Misalnya untuk membeli case atau skin pelindung. Supaya nanti apa yang diperoleh benar-benar bisa pas dengan dimensi perangkat sehingga tidak terbuang percuma, kita tentu saja perlu mengetahui tipe handphone Samsung secara pasti.

Mengetahui tipe handphone secara pasti juga sangat diperlukan saat mau mengganti komponen seperti baterai maupun layar. Dikarenakan setiap perangkat mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda, kita pun tak boleh memasang penggantinya secara asal-asalan.

Sedikit kesalahan saat menentukan tipe handphone juga dapat berakibat fatal saat perlu memasang ulang ROM atau firmware. Jadi kita perlu mengunduh berkas yang tepat karena bisa saja berbeda-beda meskipun masih dalam satu seri keluarga.

Mengecek tipe handphone Samsung untungnya bisa dilakukan dengan sangat mudah oleh siapa saja. Soalnya, ada beberapa cara yang bisa dicoba sesuai dengan kondisi masing-masing orang sebagaimana dalam penjelasan berikut.

Cara Mengecek Tipe Handphone Samsung

Lewat Kotak Kemasan

Cara paling praktis mengecek tipe handphone Samsung dengan melihat kotak kemasan yang dipakai untuk mendistribusikan perangkat beserta kartu garansi, adaptor pengisian daya, case, buku panduan, hingga kabel data.

Soalnya selain mengemas berbagai macam hal yang diperoleh saat membeli handphone tersebut, juga terdapat informasi singkat mengenai perangkat yang mana biasanya disematkan di bagian samping atau belakang.

Cara Mengecek Tipe HP Samsung - Box

Kita pun dapat mengecek tipe handphone Samsung dengan melihat informasi ini. Kalaupun tidak ketemu di bagian kotak kemasan, kita juga bisa membuka buku panduan atau kartu garansi yang ada di dalamnya.

Melalui Pengaturan

  1. Masuk ke halaman Settings
  2. Cari dan buka bagian About Phone
  3. Cek bagian Model Number

Tipe handphone Samsung juga bisa dilihat secara langsung pada pengaturan sebagaimana langkah di atas. Halaman About Phone nanti soalnya akan menampilkan informasi lengkap mengenai perangkat seperti nomor model, IMEI, Serial number, baterai, hingga peranti lunak yang terpasang.

Memakai Kode Rahasia

  1. Buka aplikasi panggilan telepon (Phone)
  2. Ketikan kode *#1234#
  3. Nantinya akan muncul informasi mengenai perangkat

Dengan menggunakan kode rahasia ini, kita umumnya akan memperoleh data-data seperti AP (Application Processor), CP (Core Processor), CSC (Customer Software Customization), maupun model perangkat itu sendiri.

Informasi mengenai perangkat dengan kode rahasia ini bakal cukup membantu jika kita sedang mencari firmware yang tepat saat perlu melakukan flash ulang handphone Samsung. Jadi kita bisa langsung menggunakan nomor AP, CP, maupun CSC untuk mendapatkannya.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

  1. Pasang aplikasi cek handphone seperti CPU-Z atau AIDA64
  2. Buka aplikasi setelah terpasang
  3. Pilih menu Device pada CPU-Z atau System untuk AIDA64
  4. Cari bagian Model

Aplikasi pihak ketiga seperti CPU-Z maupun AIDA64 juga dapat dipakai jika kamu masih kesulitan menemukan tipe dari handphone Samsung yang digunakan. Selain menampilkan spesifikasi, keduanya pun akan menjabarkan informasi mengenai perangkat secara lengkap.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.