Gedget  

Cara Mematikan Suara Google di Handphone vivo Jika Tak Sengaja Aktif

Cara Mematikan Suara Google di HP vivo - Header

Gadgetren – Meskipun akan berguna bagi sebagian orang, mematikan suara Google di handphone buatan vivo mungkin dapat menjadi hal yang perlu dilakukan jika kita merasa terganggu.

Talkback memang menjadi salah satu fitur dasar yang dibawa oleh antarmuka sistem operasi sebuah handphone. Termasuk di antaranya terdapat juga pada berbagai macam perangkat buatan vivo melalui Funtouch OS miliknya.

Tujuan sebenarnya dari pengembangan fitur ini adalah untuk membantu mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan supaya tetap bisa menggunakan handphone dengan mudah. Jadi mereka bisa tahu apa yang disentuh atau dipilih saat mengoperasikan perangkat.

Hanya saja bagi pengguna biasa, suara Google yang muncul dari Talkback kemungkinan akan terasa cukup mengganggu. Kita karena itu perlu mengetahui cara mematikan fitur tersebut supaya handphone bisa kembali digunakan dengan normal jika tanpa sengaja mengaktifkannya.

Secara umum, kita bisa mematikan suara Google Talkback di halaman pengaturan handphone. Hal ini juga berlaku untuk kita yang menggunakan perangkat buatan vivo sebagaimana langkah-langkah berikut.

Cara Mematikan Suara Google di Handphone vivo

Lewat Pengaturan

  1. Buka halaman Settings
    Cara Mematikan Suara Google di HP vivo - 1
  2. Cari dan pilih More settings
    Cara Mematikan Suara Google di HP vivo - 2
  3. Gulir ke bawah lalu pilih Accessibility
    Cara Mematikan Suara Google di HP vivo - 3
  4. Pilih TalkBack
    Cara Mematikan Suara Google di HP vivo - 4
  5. Matikan tombol yang ada
    Cara Mematikan Suara Google di HP vivo - 5
  6. Konfirmasi dengan menekan tombol yang sesuai

Perlu diingat bahwa mengoperasikan handphone saat fitur Talkback aktif akan sangat berbeda dari kondisi normal karena kita akan mendengar penjelasan terlebih dahulu saat menyentuh, memilih, atau mengaktifkan sesuatu.

Di perangkat vivo, kita perlu mengetuk opsi atau menu hingga muncul kotak berwarna hijau lalu diikuti dengan klik dua kali supaya bisa memilihnya. Untuk gulir ke atas atau bawah pun kita harus menggunakan dua jari.

Jika kesulitan, mematikan suara Google Talkback pada sejumlah handphone buatan vivo untungnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan pintasan berupa tombol fisik. Adapun cara melakukannya kurang lebih adalah sebagai berikut.

Memakai Tombol Fisik

  1. Cari lokasi tombol volume di handphone
  2. Pastikan layar dalam keadaan menyala
  3. Tekan secara bersamaan tombol volume up dan down
  4. Lepaskan setelah kurang lebih tiga detik

Pintasan menggunakan tombol fisik ini tentu lebih mudah untuk digunakan. Kita tidak perlu mengoperasikan handphone supaya bisa masuk ke pengaturan Talkback yang mana membutuhkan langkah-langkah cukup panjang supaya bisa mematikannya.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.