Wisata  

15 Makanan Khas Madiun yang Terkenal

Makanan khas Madiun adalah salah satu bukti bahwa Indonesia memiliki segudang kuliner nikmat. Bukan hanya dari rasanya, namun juga keunikan dari proses pembuatannya ataupun bahan yang digunakan. Berkunjung untuk tujuan wisata tentu masih terasa kurang jika belum mencicipi aneka kuliner yang ada di lokasi.

Madiun termasuk salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal akan potensi wisatanya. Waduk, air terjun, hutan pinus, dan gunung adalah beberapa wisata alam yang layak dikunjungi. Dibalik potensi wisata di Madiun yang lengkap, kabupaten dengan sebutan Kota Pendekar ini juga memiliki puluhan kuliner yang wajib anda cicipi ketika berkunjung.

1. Nasi Pecel Madiun

Nasi Pecel Madiun
Image Credit: Twitter Teguh Ariyanto

Meskipun banyak ditemui nasi pecel ditempat lain di jawa Timur, namun di Madiun memiliki rasa khas dengan bumbu dan rempah yang digunakan. Sambal kacang yang disiramkan diatas sayuran memiliki rasa gurih, asin, manis, dan pedas. Nasi pecel Madiun menjadi favorit wisatawan yang berkunjung karena memberikan rasa nikmat menggoda selera.

Ciri khas yang tidak ditemui ditempat lain yakni dari cara penyajiannya. Manakan khas Madiun ini disajikan dengan wadah pincuk dengan alas daun pisang. Untuk lauknya bervariasi dan bisa dipilih sesuai selera. Udang, ayam, telur, dan daging adalah beberapa jenis lauk yang paling sering ditemui.

2. Lontong Tahu Telur

Lontong Tahu Telur
Image Credit: Twitter arupadatu

Sesuai namanya, kuliner sedap kali ini dibuat dengan bahan utama dari lontong, tahu, dan telur. Hampir mirip dengan Tahu Tek atau Kupat Tahu yang ada di kawasan lain, hanya saja keduanya tidak menggunakan telur sebagai bahan wajib. Ketiga bahan tersebut disajikan dengan bumbu kacang dan campuran rempah yang dihaluskan. Untuk menambahkan selera rasa, makanan ini ditaburi dengan bawang goreng dan daun bawang.

3. Kerupuk Puli

Kerupuk Puli
Image Credit: Instagram Eat and Plants

Dari makanan utama, kita beralih ke makanan ringan. Kerupuk Puli cocok dijadikan oleh-oleh khas Madiun jika anda bertandang ke lokasi. Harganya murah sehingga anda bisa membelinya lebih banyak jika tidak kesulitan membawanya. Camilan yang cocok dijadikan teman santai ini terbuat dari bahan utama nasi dan tepung dengan perpaduan rempah pilihan.

4. Nasi Jotos

Nasi Jotos
Image Credit: Twitter asRi

Makanan khas Madiun berikutnya adalah Nasi Jotos yang terkesan unik. Nama ini tidak ada hubungannya dengan situasi dan kondisi ketika menyantap nya, melainkan karena bentuknya yang menyerupai kepalan tangan. Harganya murah meriah dan hampir mirip dengan Nasi Kucing yang ada di Solo atau Jogja jika dilihat dari porsi nya.

Dengan ciri khas pembungkusnya, satu porsi nasi Jotos terdiri dari nasi putih, mi kuning, telur, dan tahu. Kuliner sederhana ini melekat ada penggunaan sambal pedas dengan rasa nikmat. Berbagai sudut jalan menyediakan jenis makanan ini, jadi tidak sulit menemukannya jika anda berminat.

5. Pentol Corah Madiun

Pentol Corah Madiun
Image Credit: Twitter Mas Gulang

Pentol termasuk salah satu makanan yang umum ditemui di Jawa Timur karena harganya yang merakyat. Di Madiun, ada satu jenis dari kudapan ini, namanya Pentol Corah. Bagi warga di sekitar Madiun mungkin tidak asing dengan makanan ini karena bisa juga ditemui di Ponorogo atau Ngawi.

Bahan yang digunakan tidak jauh berbeda dengan jenis pentol pada umumnya, yaitu tepung kanji dan tepung terigu. Ciri khas dari jajanan khas Madiun ini terletak pada proses pembuatannya. Adonan dari bahan utama dan rempah pilihan tersebut dimasukkan ke dalam tahu dan dimasak dengan cara dikukus hingga matang. Selanjutnya, Pentol Corah dipotong menyerupai dadu dan dihidangkan dengan saus tomat.

6. Soto Madiun

Soto Madiun
Image Credit: Instagram Info Kuliner Magetan

Bosan dengan makanan nusantara dari jenis soto karena mudah ditemui dimana-mana? Jika berada di Madiun, mungkin rasa bosan tersebut hilang dengan seketika. Soto khas Madiun bisa dikatakan berbeda dengan jenis soto di tempat lain, terutama dalam penyajiannya. Satu porsi soto disajikan dengan sate kulit, ampela, dan tempe goreng sebagai pelengkapnya.

Untuk kuahnya terlihat kuning bening, namun rasanya gurih karena ada kaldu murni yang didapat dari proses perebusan daging. Beberapa penjual menambahkan perkedel kentang bagi pembeli yang berminat. Ada pula yang menambahkan kacang tanah goreng untuk memerikan rasa lebih unik dan bervariasi.

7. Rujak Petis

Rujak Petis
Image Credit: Instagram Kuliner Madiun Sekitar

Rujak Petis termasuk salah satu makanan khas Madiun yang tidak boleh anda lewatkan. Meskipun banyak didapati jenis kuliner ini, namun ada yang membedakan jika anda menemukannya di Madiun. Seperti namanya, bahan utama untuk membuat bumbunya adalah petis yang terbuat dari udang. Untuk bahan isiannya lumayan banyak, terdiri dari lontong, tahu, tempe, kangkung, taoge, dan mentimun.

8. Brem Khas Madiun

Brem Khas Madiun
Image Credit: Twitter Indonesiainlove

Tidak hanya makanan berat, oleh-oleh khas Madiun juga menarik menjadi incaran utama. Selain nasi pecel, Brem juga termasuk salah satu ikon kuliner Madiun yang pernah menjadi pusat pergerakan G30S PKI ini. Seperti halnya Brem lain, proses pembuatannya yakni dengan cara fermentasi dengan bahan utama dari sari ketan.

Kondisinya yang tahan lama cocok dijadikan sebagai buah tangan. Harganya pun murah dan mudah ditemukan di berabagai tempat atau toko jajanan terdekat. Apalagi rasa dari Brem memberikan sensasi unik dan dingin ketika lumer di mulut. Saat ini banyak tersedia varian rasa Brem, diantaranya cokelat, keju, strawberry, dan durian.

9. Soto Kutilang

Soto Kutilang
Image Credit: Twitter Good News From Indonesia

Bukan karena bahan utamanya terbuat dari burung kutilang, namun karena lokasi penjualnya berada di Jalan Kutilang, Kota Madiun. Meskipun namanya sama dengan soto Madiun, namun untuk rasanya sedikit berbeda. Soto Kutilang memiliki warna kuah sedikit gelap dengan tambahan taoge, daun bawang, dan bawang goreng sebagai pelengkapnya.

10. Lento Madiun

Lento Madiun
Image Credit: Instagram Lapak Buah Mimel

Lento adalah makanan khas Madiun yang memiliki citarasa unik karena penggunaan bahannya yang tidak biasa. Adapun bahan untuk membuat lento adalah singkong, tempe basi, dan kacang tolo. Singkong sebelumnya harus diserut terlebih dahulu, namun masih memiliki tekstur kasar. Selanjutnya dicampur dengan tempe basi dan kacang tolo, serta berbagai rempah pilihan.

Proses berikutnya adalah membentuk bulatan kecil tidak beraturan dan dimasak dengan cara digoreng. Rasa dari lento adalah gurih dan sedikit manis dengan tekstur renyah diluar. Sebenarnya untuk tempe sebagai bahan utamanya tidaklah basi. Akan tetapi karena proses fermentasi yang terlalu lama sehingga tidak layak dijual, namun tetap layak dikonsumsi.

11. Madumongso Khas Madiun

Madumongso Khas Madiun
Image Credit: Twitter Fakta Unik & Aneh

Berikutnya ada oleh-oleh khas Madiun yang hampir mirip dengan Dodol Garut. Namun kali ini harus ada proses fermentasi dari bahan utama yang digunakan. Adapun bahan utama yang mengalami proses fermentasi adalah ketan hitam. Setelah fermentasi sempurna, bahan tersebut kemudian dikombinasikan dengan gula dan santan.

Proses pembuatannya lumayan lama, seperti halnya membuat Dodol yang terus diaduk selama berjam-jam. Setelah matang, camilan ini kemudian dibungkus dengan kertas warna-warni sebagai daya tarik. Rasanya manis dan legit dengan khas proses ketan yang di fermentasi pada umumnya.

12. Wedang Cemoe

Wedang Cemoe
Image Credit: Instagram ddtw~

Tidak harus melulu mengenai makanan ketika anda berkunjung ke Madiun, ada pula minuman khas Madiun yang wajib anda coba. Wedang Cemoe terbuat dari berbagai bahan sederhana dan mudah ditemui, diantaranya adalah roti tawar dan kacang tanah. Kuahnya terbuat dari santan kelapa dan gula putih, sedikit jahe untuk memberikan rasa hangat.

13. Ayam Panggang Madiun

Ayam Panggang Madiun
Image Credit: Instagram Mamil | Explore Kuliner Madiun

Berikutnya ada makanan khas Madiun yang tentunya sudah anda kenal karena mudah ditemui dimana-mana, namanya ayam panggang. Apa perbedaan dari ayam panggang yang ada di Madiun dan tempat lain? Tentunya dari rempah untuk menghasilkan bumbu ketika proses pembakaran.

Sebelumnya, ayam direndam terlebih dahulu dengan bumbu khusus supaya lebih meresap kedalam. Saat proses pembakaran juga demikian, bumbu selalu dioleskan pada seluruh bagian ayam sehingga menjadikannya lebih nikmat. Ciri lainnya adalah dari ayamnya yang tidak dipotong alias utuh.

14. Sambel Pecel Madiun

Sambel Pecel Madiun
Image Credit: Instagram sambel pecel Kediri

Apabila anda merasakan kenikmatan dari nasi pecel khas Madiun, tidak ada salahnya membawa pulang Sambel Pecel nya untuk dibuat sendiri di rumah. Tidak perlu takut basi karena pada umumnya sambel jenis ini termasuk awet. Cukup larutkan kedalam air panas dan beri tambahan rempah sesuai selera, kemudian anda bisa menikmatinya.

Untuk lauk dan sayurnya bisa anda pilih sesuai selera. Kalaupun terpaksa, tanpa sayur pun tetap memberikan rasa nikmat. Sambel pecel termasuk oleh-oleh khas Madiun yang menjadi incaran utama wisatawan. Rasa khas dan lezat nya belum tentu didapatkan di tempat lain. Harganya lumayan terjangkau dan mudah ditemui di beberapa lokasi wisata.

15. Kue Manco

Kue Manco
Image Credit: Twitter Rapma FM

Kue Manco termasuk salah satu makanan tradisional Madiun karena sudah ada sejak zaman nenek moyang. Bahan utamanya dari ketan dan diproses dengan cara digoreng. Hampir mirip dengan onde-onde karena kue ini dipenuhi oleh wijen sebagai bahan pelengkapnya. Hanya saja tidak terdapat isian alias kopong di dalamnya ketika digigit.

Itulah berbagai makanan khas Madiun yang perlu anda ketahui dan layak dijadikan agenda berburu kuliner. Daftar diatas hanya sebagian saja, artinya masih banyak lagi jika anda bertandang ke daerah dengan julukan lain Kota Gadis ini. Sedikit tips, pastikan sebelumnya mengosongkan perut sebelum menikmati sajian kuliner supaya terasa lebih nikmat.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.