Mengenal Sirup Agave Pengganti Gula yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Apa itu sirup agave? Beberapa orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan pemanis pengganti gula yang satu ini. Namun, beberapa orang lainnya mungkin belum kenal dan masih menerka nerka apakah sirup agave bermanfaat untuk kesehatan atau tidak. Oleh sebab itu, pada informasi ini kita akan coba mengenal sirup agave sebagai pemanis pengganti gula lengkap kandungan yang dimilikinya.

Sirup agave merupakan produk pemanis yang bisa digunakan untuk menggantikan gula dalam suatu hidangan. Produk ini dibuat dari tanaman agave yakni spesies sukulen asli Amerika Latin dan Meksiko. Nah, tanaman ini sendiri bisa tumbuh di daerah yang gersang dan umumnya berbentuk seperti lidah buaya. Ada dua jenis tanaman agave yang digunakan sebagai bahan pemanis yakni agave tequlilana dan agave salmiana.

Sebagian orang menyebut sirup agave sebagai agave nektar. Namun, yang patut Anda ketahui produk ini bukan dari nektar seperti namanya. Melainkan berasal dari getah manis karena melalui proses tanaman agave yang dipotong dan diekstrak menjadi jus manis yang di dalamnya kaya akan kandungan gula serta serat segar seperti halnya fruktan. Fruktan inilah yang dipecah membentuk gula fruktosa, yakni pemanis alami.

Mau lebih tahu dan kenal sirup agave? Yuk kita lihat informasi selengkapnya mengenai sirup agave yang bisa digunakan untuk pengganti gula pada uraian dibawah ini.

Mengenal Sirup Agave Pengganti Gula yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Sebelumnya kita sudah mengenal apa itu sirup agave dan fungsinya yang digunakan sebagai pemanis buatan. Nah, mengenal lebih jauh tentang sirup agave ini memiliki berbagai jenis kandungan di dalamnya. Apa saja itu? Beberapa diantaranya adalah seperti :

  • Kalori
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Glukosa
  • Riboflavin/ Vitamin B2
  • Folat/ B9
  • Vitamin K
  • Air
  • Lemak
  • Serat
  • Fruktosa
  • Piridoksin/ Vitamin B6

Dari kandungan tersebutlah, sirup agave memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh yang patut Anda ketahui. Kandungan baik ini membantu dalam meningkatkan imunitas tubuh sehingga cocok untuk dikonsumsi dengan kebutuhan tersebut. Selengkapnya mengenai manfaat sirup agave adalah sebagai berikut :

1. Gula untuk diabetes

Tahukah Anda, sirup agave merupakan salah satu rekomendasi gula yang bisa dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Ini berkat kandungan indeks glikemiknya yang ternyata lebih rendah dibandingkan gula putih biasanya. Apa sih sebenarnya indeks glikemik?

Indeks glikemik atau disingkat GI ini merupakan ukuran untuk menghitung seberapa cepat gula makanan yang memasuki aliran darah. Contohnya seseorang penderita diabetes yang mengonsumsi makanan tinggi GI maka tentu saja berpotensi menaikkan kadar gula dalam darah. Nah, pemanis dengan fruktosa tinggi seperti sirup agave tidak diketahui mampu menaikkan kadar gula darah dalam jangka pendek.

2. Mampu meningkatkan metabolisme

Di dalam sirup agave terdapat kandungan seperti vitamin B6 atau juga yang dikenal piridoksin. Kandungan ini termasuk zat penting yang khususnya berperan dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh loh. Nutrisi ini akan membantu memecah karbohidrat dan metabolisme dari makanan. Sehingga proses metabolisme termasuk produksi energi di dalam tubuh akan bekerja secara lebih cepat.

3. Membantu mengatasi stress

Stres atau depresi menjadi salah satu penyebab penyakit yang seringkali terjadi. Oleh sebab itu, Anda harus sebisanya untuk mengatasi supaya Anda tidak mudah mengalami stress. Nah, salah satunya adalah dengan mengonsumsi sirup agave yang mengandung vitamin B9 atau folat sekaligus vitamin K yang ternyata memiliki manfaat berkaitan dengan kesehatan mental loh.

Sebuah penelitian telah membuktikan pernyataan ini. Dimana asupan vitamin K mampu mengurangi gejala depresi sehingga risikonya menjadi semakin rendah. Selain itu, kekurangan asam folat juga bisa menjadi salah satu faktor yang meningkatkan depresi bagi beberapa orang.

Apakah Sirup Agave lebih aman daripada gula?

Pertanyaan yang sering diajukan oleh banyak orang adalah “Apakah sirup agave lebih aman daripada gula?” Nah, sirup agave ini memang lebih aman dikonsumsi oleh mereka yang mengidap diabetes. Karena indeks glikemik yang rendah.

Namun, perlu diingat metabolisme fruktosa dan glukosa memiliki efek yang berbeda, dimana hampir semua sel tubuh bisa menyerap glukosa sedangkan fruktosa dapat diubah menjadi energi hanya melalui hati.

Nah, karena sirup agave memiliki fruktosa yang tinggi, Anda juga perlu memperhatikan konsumsinya. Kelebihan fruktosa bisa mengakibatkan tekanan pada hati sehingga fruktosa bisa diubah menjadi lemak dan menaikkan kadar trigliserida darah. Sehingga resikonya bisa menyebabkan diabetes tipe 2, resistensi insulin, penyakit jantung dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu baik mengonsumsi gula biasa maupun sirup pengganti gula harus sesuai dengan kebutuhan saja dan tidak berlebihan. Anda juga bisa menyeimbanginya dengan pemanis alami lainnya seperti manisnya madu. Namun, apabila Anda masih ragu? Anda bisa mengkonsultasikannya ke dokter atau ahli gizi kepercayaan Anda.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membantu kita mengenal sirup agave sebagai pengganti gula yang ternyata bermanfaat untuk kesehatan. Ini berkat kandungan indeks glikemiknya yang lebih rendah. Simak berbagai informasi lainnya seputar solusi kehidupan sehari hari seperti tips kesehatan, kecantikan, makanan terbaru dan lain lain di solusikan.com

Seperti yang sudah dibahas, Ingatlah meskipun sirup agave punya banyak manfaat baik sebagai pengganti gula maupun untuk mengambil kandungan baiknya, hendaknya gunakan sesuai kebutuhan saja. Sebab, jika dikonsumsi terlalu berlebihan sirup agave juga memiliki potensi risiko efek samping. Ingatlah untuk selalu konsumsi makanan sehat secara seimbang dan masuk akal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.