Pengembangan Standar ISO dan Daftar Istilah

Pertanyaan yang sering muncul terkait Standar ISO adalah singkatan dan akronim yang digunakan oleh organisasi standar internasional tersebut. Sebagian besar singkatan dan akronim terkait dengan proses pengembangan standar. Untuk mempermudah pemahaman, kita perlu menguraikan tahapan-tahapan pengembangan standar terlebih dahulu.
Tahapan-Tahapan Pengembangan Standar ISO
Selama pengembangannya, suatu standar melewati beberapa tahap, di mana suatu komite atau gugus kerja akan memberikan tanggapan/ saran dan  pemungutan suara (voting). Tahapan dan nama dokumen terkait diuraikan dalam infograpis di bawah ini.
Tahapan-Tahapan Pengembangan Standar (view large image)
Proses pengembangan standar ISO agak rumit, dan ada istilah dan singkatan yang berbeda untuk berbagai jenis dokumen, pada setiap tahap. Yang paling penting diringkas dalam tabel di bawah ini:

Tahap:
Proposal
Preparatory
Committee
Enquiry
Approval
Publication

Standar:
NP
WD
CD
DIS
FDIS
IS

Standar (Fast Track):
NP


DIS
FDIS
IS

Amandemen:
NP
WD
CDAM
DAM
FDAM
AMD

TR:
NP
WD
PDTR-DTR


TR

TS:


PDTS-DTS


TS

PAS:
NP
PAS



PAS

Glosarium

Ad Hoc Group (AHG) Panitia/kelompok kerja sementara yang dibentuk di dalam sebuah komite standar untuk menangani topik atau masalah khusus. Panitia ini dibubarkan setelah tugasnya selesai.
Amd atau AMD (Amendment) / Amandemen Dokumen perubahan Standar ISO yang dipublikasikan secara resmi. Perubahan relatif sedikit dan akan dimasukkan ke revisi standar selanjutnya.
Contoh: ISO 17264:2009/AMD 1:2019.
ANSI (American National Standards Institute) Badan standardisasi nasional Amerika Serikat.
AWI (Approved Work Item) Proposal proyek standar baru yang disetujui.
Contoh: ISO/AWI 37167.
BRM (Ballot Resolution Meeting) Pertemuan komite dan subkomite ISO yang diadakan untuk tujuan menyelesaikan komentar yang diajukan selama pemungutan suara rancangan standar.
CASCO (Conformity Assessment Committee) PDC yang bertugas mengembangkan kebijakan dan menerbitkan standar yang terkait dengan penilaian kesesuaian (conformity assessment).
CD (Committee Draft) Rancangan lengkap Standar ISO yang telah disetujui oleh WG untuk divoting pertama kali dengan tanggapan/ saran teknis pada standar.
Dokumen lain yang setahapan dengan CD adalah CD Amd (CDAM)/ Cor/ TR/ TS, PDAM, PDTR, dan PDTS.
Contoh: ISO/CD 9001.
CDAM atau CD Amd (Committee Draft Amendment) Rancangan amandemen yang divoting pertama kali dengan tanggapan/ saran teknis pada amandemen. Lihat juga CD.
Contoh: ISO 24353:2008/CD Amd 1.
CDV (Committee Draft for Vote) Istilah DIS di IEC. Contoh: IEC 60034-2-3 CDV.
CIB (Committee Internal Ballot) Voting internal komite ISO sebelum voting ke semua anggota ISO.
CM (Committee Manager) Manajer administrasi sebuah komite yang memastikan kelancaran proyek, menyiapkan dan mengelola pertemuan, mengedarkan dokumen/ mengkomunikasikan dan menjunjung tinggi prinsip dan praktik ISO. CM dipekerjakan oleh NSB yang memegang sekretariat untuk komite tersebut.
Committee Lihat TC, SC, dan PC.
COPOLCO (Consumer Policy Committee) PDC yang bertugas mempromosikan minat konsumen dalam standardisasi/ kebijakan konsumen, misal: dengan memilih proyek yang penting bagi konsumen dan mengoordinasi partisipasi  dengan melibatkan orang-orang dalam bidang-bidang ini.
Cor atau TCOR (Technical Corrigendum) Technical Corrigendum adalah dokumen yang dikeluarkan untuk memperbaiki kesalahan teknis atau ambiguitas dalam Standar ISO, TS, PAS atau TR, yang secara tidak sengaja muncul baik saat pembuatan maupun saat pencetakan dan dapat menyebabkan kesalahan atau ketidakamanan penggunaan.
Contoh: ISO/IEC 9075-11:2016/Cor 1:2019.
DAM atau DAmd (Draft Amendment) Rancangan akhir amandemen yang divoting oleh semua anggota ISO dengan tanggapan/ saran teknis pada amandemen.
Contoh: ISO/IEC 9594-5:2017/DAmd 1.
DEVCO (Development Committee) PDC yang bertugas untuk masalah negara berkembang. DEVCO mendorong negara-negara berkembang untuk mengambil bagian dalam standardisasi, misal: dengan mengidentifikasi kebutuhan dan memberikan pelatihan dan bantuan teknis.
DIS (Draft International Standard) Rancangan akhir Standar ISO untuk divoting dan mendapatkan tanggapan/ saran  editorial (untuk publikasi) semua anggota ISO, tetapi masih ada kesempatan terakhir untuk mengirimkan masukan teknis untuk perubahan.
Jika tidak ada perubahan teknis, maka DIS akan dipublikasi menjadi Standar ISO, tetapi jika ada perubahan teknis maka DIS diproses menjadi FDIS untuk mendapatkan persetujuan akhir.
Dokumen standar yang sudah tersedia pada awal proyek standardisasi, misal standar sudah dikembangkan oleh organisasi lain, dapat melewati tahapan tertentu (fast track), tetapi wajib melewati proses ini.
Dokumen lain yang setahapan dengan DIS adalah FCD, FPDAM, DAM, FPDISP, DTR, dan DTS.
Contoh: ISO/DIS 9001.
DTR (Draft Technical Report) Rancangan akhir TR sebelum TR disetujui. Contoh: ISO/DTR 23031.
DTS (Draft Technical Specification) Rancangan akhir TS sebelum TS disetujui.  Contoh: ISO/DTS 21387.
FCD (Final Committee Draft) CD mungkin melibatkan beberapa langkah berturut-turut, misal CD1, CD2, dan seterusnya sampai dengan FCD.  FCD difinalisasi untuk diserahkan sebagai DIS. (Kategori dokumen ini sudah tidak digunakan). Lihat juga DIS.
Contoh: ISO/IEC FCD 9126-1.
FDAM (Final Draft Amendment) Rancangan akhir amandemen untuk mendapatkan persetujuan akhir (voting setuju/tidak setuju) dari semua anggota ISO. Lihat juga FDIS.
Contoh: ISO/IEC 14496-4:2004/FDAM 46.
FDIS (Final Draft International Standard) Rancangan akhir Standar ISO yang memasukkan perubahan teknis yang direkomendasikan selama pemungutan suara DIS. Hanya masukan editorial (untuk publikasi) yang dapat dibuat pada tahapan ini dengan persetujuan akhir (voting setuju/tidak setuju) semua anggota ISO.
Dokumen lain yang setahapan dengan FDIS adalah FDAM, PRF, dan PRF Amd/ TTA/ TR/ TS/ Suppl.
Contoh: ISO/FDIS 9001.
FDISP (Final Draft International Standardized Profile) Rancangan akhir ISP untuk mendapatkan persetujuan akhir (voting setuju/tidak setuju) dari semua anggota ISO. Lihat juga FDIS.
Contoh: ISO/IEC FDISP 11189.
FPDAM (Final Proposed Draft Amendment) Rancangan akhir amandemen yang divoting oleh semua anggota ISO dengan tanggapan/ saran teknis pada amandemen. (Kategori dokumen ini sudah tidak digunakan). Lihat juga DIS.
Contoh: ISO/IEC 23008-3:2015/FPDAM 1.
FPDISP (Final Proposed Draft International Standardized Profile) Rancangan akhir ISP  yang divoting oleh semua anggota ISO dengan tanggapan/ saran teknis pada ISP. Lihat juga DIS.
Contoh: ISO/IEC FPDISP 24725-2.2.
GA (General Assembly)General Assembly (Majelis Umum) adalah pertemuan rutin setiap tahun sekali  untuk membahas operasional organisasi, seperti laporan tahunan ISO, rencana strategis dan laporan status keuangan.
Guide atau ISO Guide Guide (Pedoman) adalah dokumen yang berisi aturan, saran atau rekomendasi terkait Standar ISO.
Contoh: ISO Guide 80:2014.
IEC (International Electrotechnical Commission) Badan standardisasi internasional untuk bidang electrotechnology, yaitu semua teknologi listrik, elektronik, dan yang terkait dengannya
IS (International Standard) atau ISO Standard  International Standard (Standar Internasional) atau Standar ISO adalah dokumen normatif yang ditetapkan melalui konsensus dan disahkan oleh organisasi ISO dan tersedia untuk umum, berisikan aturan, pedoman, karakteristik kegiatan atau hasilnya, untuk pemakaian umum dan berulang. Standar ditujukan untuk mencapai tingkat keteraturan optimum dalam konteks tertentu.
Bentuk Standar ISO antara lain: standar produk, metode pengujian, kode praktik, standar pedoman, dan standar sistem manajemen.
Contoh: ISO 9001:2015.
ISO (International Organization for Standardization) Badan standardisasi internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara.
ISO Council Dewan yang menjalankan governance function dari ISO melalui aturan yang disetujui oleh anggota ISO. Keanggotaan ISO Council terdiri dari ISO Officers, 20 negara terpilih, dan ketua-ketua (chair) beberapa PDC, seperti CASCO, COPOLCO, dan DEVCO. ISO Council juga akan menunjuk Bendahara, 14 anggota TMB, dan memutuskan anggaran tahunan ISO/CS.
ISO/CS (ISO Central Secretariat) Kantor pusat ISO di Jenewa, tempat di mana segala sesuatu mulai dari IT helpdesk dan pengeditan hingga TPM dan keanggotaan bekedudukan.
ISO Officers Dewan eksekutif ISO, terdiri dari President, tiga orang Vice-President (policy, technical management, dan finance), Bendahara, dan Sekretaris Jenderal ISO.
ISP (International Standardized Profile) Satu set atau lebih standar dasar. ISP mengidentifikasi aspek-aspek sebuah spesifikasi yang kompleks yang mungkin perlu memiliki lebih dari satu interpretasi, dan mungkin ada banyak fitur pilihan.
Contoh: ISO/ISP 14226-2:1996.
IWA (International Workshop Agreement) International Workshop Agreement (Kesepakatan Lokakarya Internasional) adalah dokumen yang dipersiapkan melalui suatu mekanisme lokakarya untuk menanggapi permintaan pasar yang mendesak.
IWA memiliki jangka waktu maksimum enam tahun, setelah itu dapat diubah menjadi produk ISO lain atau secara otomatis ditarik.
Contoh: IWA 2:2007.
JTC1 (Joint Technical Committee 1) Komite bersama ISO dan IEC. Ruang lingkup JTC1 adalah standardisasi teknologi informasi.
L-member (Liaison member) Organisasi liaison yang tidak memiliki hak suara.
LiaisonAgreement antara dua komite ISO, komite ISO dan komite IEC yang terkait, atau komite ISO dan organisasi eksternal, di mana mereka berbagi keahlian dan dokumen yang relevan. Ada berbagai organisasi eksternal liaison dengan berbagai kriteria kelayakan tetapi semuanya harus organisasi non-profit.
MemberSalah satu NSB yang membentuk ISO. Terdapat tiga jenis membership atau keanggotaan, yaitu:

Full atau member body (anggota penuh), memiliki pengaruh dalam pengembangan standar dan strategi ISO dengan berpartisipasi dan memberikan suara dalam rapat pengambilan kebijakan ISO.
Correspondent (anggota koresponden), bertugas untuk mengamati perkembangan standar dan strategi ISO melalui adanya rapat pengambilan kebijakan ISO sebagai pengamat.
Subscriber (anggota pelanggan), bertugas untuk terus mengikuti perkembangan dalam ISO namun tidak dapat berpartisipasi dalam pengambilan kebijakan.

National DelegationSatu atau lebih orang yang dipilih oleh NSB dan NMC untuk mengedepankan posisi nasional pada pertemuan komite ISO.
NBLO atau NBLOs NSB atau organisasi liaison. “NBLOs” mengacu pada semua NSB dan organisasi liaison.
NMC (National Mirror Committee)Struktur nasional yang dibentuk untuk mencerminkan pekerjaan TC ISO dalam NSB. NMC menyatukan para pemangku kepentingan untuk menetapkan posisi konsensus nasional dalam pekerjaan tersebut.
NP atau NWIP (New Work Item Proposal) Proposal usulan perumusan standar baru yang diajukan untuk pemungutan suara di TC atau SC yang terkait. NP yang diterima akan menjadi AWI sampai ada WD, kemudian berturut-turut CD, DIS, FDIS, dan hasilnya akan menjadi Standar ISO.
Contoh: ISO/NP 8583.
NSB (National Standards Body) Badan standardisasi nasional yang setara dengan ISO (misal, BSI di Inggris, NEN di Belanda, BSN di Indonesia), yang mewakili ISO di negara masing-masing.
O-member (Observing member) Negara anggota pengamat dari sebuah komite yang mengikuti perumusan standar dan dapat memberikan tanggapan tetapi tidak memiliki hak suara dan tidak dapat menunjuk seorang ahli dalam WG.
P-member (Participating member) Negara yang ditunjuk sebagai anggota yang memiliki hak suara dan anggota TC ISO. Negara P-member mungkin memiliki pakar yang berpartisipasi dalam WG untuk mengembangkan Standar ISO. Komitmen P-member diperlukan.
PAS (Publicly Available Specification) Publicly Available Specification (Spesifikasi yang Tersedia untuk Publik) adalah dokumen untuk menanggapi kebutuhan pasar yang mendesak yang merupakan hasil dari:

konsensus dari organisasi di luar ISO (misal, para produsen, konsorsium industri, masyarakat profesional dan ilmiah, dll.), atau
konsensus para ahli dalam suatu gugus kerja.

Contoh: ISO/PAS 23263:2019.
PC (Project Committee) Komite yang dibuat untuk mengembangkan satu standar, setelah itu dibubarkan.
PDAM (Preliminary Draft Amendment) Usulan rancangan amandemen yang divoting pertama kali pada tingkat SC dengan tanggapan/ saran teknis pada amandemen. (Kategori PDAM sudah diganti menjadi CDAM).
PDC (Policy Development Committee) Komite di bawah ISO Council yang bertugas mengembangkan kebijakan serta penyediaan panduan strategis bagi pengembangan standar lintas sektoral. Komite tersebut adalah CASCO, COPOLCO, dan DEVCO.
PDISP (Proposed Draft International Standardized Profile) Rancangan ISP yang divoting pertama kali dengan pandangan dan masukan teknis pada ISP. Lihat juga CD.
Contoh: ISO/IEC PDISP 10614-1.
PDTR (Proposed Draft Technical Report) Setara dokumen CD untuk TR. Lihat juga CD.
Contoh: ISO/IEC PDTR 24028.
PDTS (Proposed Draft Technical Specification)Setara dokumen CD untuk TS. Lihat juga CD.
Contoh: ISO/IEC PDTS 23619.
PRF (Proof)Dokumen ISO yang sudah melalui persetujuan akhir, tetapi belum dipublikasi. Lihat juga FDIS.
Contoh: ISO/IEC PRF 19770-8.
PWI (Preliminary Work Item) WP yang membahas NP potensial. WP ini tidak untuk disetujui (NP yang akan disetujui).
Contoh: ISO/PWI 28596.
RG (Rapporteur Group) Semacam komite ad hoc khusus yang bertanggung jawab untuk menulis laporan yang akan dikeluarkan SC. RG tidak mengembangkan standar.
SC (Subcommittee) SC adalah bagian dari TC yang membahas bidang khusus dalam suatu TC. Contoh: TC 176  yang bertanggung jawab pada bidang quality management dan quality assurance mempunyai:

TC 176/SC 1: Concepts and terminology
TC 176/SC 2: Quality systems
TC 176/SC 3: Supporting technologies

Dokumen NP, CD, DIS, dan lain-lain dipilih dan disetujui di tingkat SC, tetapi tidak untuk dokumen WD, FDIS, dan lain-lain.
TC (Technical Committee)
Komite standar yang mengembangkan standar di sektor atau industri tertentu, misal: TC 176  yang bertanggung jawab pada bidang quality management dan quality assurance.
TMB (Technical Management Board)
Dewan yang bertanggung jawab atas manajemen umum struktur TC dalam ISO. TMB menyetujui pendirian dan pembubaran TC, memantau kemajuan pekerjaan teknis dan mengawasi ISO/IEC Directives, Part 1, Part 2 (prosedur pengembangan Standar ISO dan penyusunannya).
TPM (Technical Programme Manager)
Manajer di ISO/CS yang  ditugaskan untuk TC. TPM memberikan saran kepada komite-komite tentang kebijakan, prosedur, dan program kerja ISO lainnya.
TR (Technical Report)Technical Report (Laporan Teknis) adalah dokumen yang dikembangkan seperti standar, tetapi hanya memuat kumpulan data yang bersifat informatif dan tidak boleh mengandung materi yang menyiratkan bahwa dokumen bersifat normatif (memuat persyaratan implementasi).
CATATAN: Data dapat memuat, misalnya, data yang diperoleh dari survei yang dilaksanakan di antara anggota ISO, data mengenai hasil kerja organisasi internasional lainnya atau data perkembangan teknologi terkini dalam kaitannya dengan standar-standar anggota ISO pada subjek khusus.
Contoh: ISO/TR 21965:2019.
TS (Technical Specification) Technical Specification (Spesifikasi Teknis) adalah dokumen yang mirip dengan standar karena bersifat normatif yang kemungkinan di masa mendatang disepakati untuk menjadi standar, akan tetapi saat akan dipublikasikan:

pendukung yang dipersyaratkan untuk penetapan menjadi standar belum terpenuhi,
konsensus belum dicapai,
subjek permasalahan masih dalam pengembangan teknis, atau
ada alasan lain yang menghambat publikasi untuk segera menjadi standar.

Prosedur persetujuan serupa dengan Standar ISO, kecuali pemungutan suara terakhir dilakukan pada tahap DTS.
Contoh: ISO/TS 29001.
TTA (Technical Trend Assesment) Technical Trend Assesment (Penilaian Kecenderungan Teknis) adalah dokumen untuk menanggapi kebutuhan akan kerja sama global terhadap persoalan standardisasi pada tahap awal dari inovasi teknis dan memberikan perkembangan terkini atau kecenderungan dalam bidang yang baru muncul. TTA merupakan hasil dari kerja atau penelitian sebelum proses standardisasi.
Contoh: ISO/TTA 3:2001.
WD (Working Draft) Rancangan standar, misal: WD3 merujuk ke Working Draft nomor 3. WD dikembangkan dan disetujui di level WG.
WD setara dengan AWI, AWI Amd/ TR/ TS, atau WD Amd/ TR/ TS.
WD (Working Draft) Rancangan standar, misal: WD3 merujuk ke Working Draft nomor 3. WD dikembangkan dan disetujui di level WG.
WG (Working Group) Gugus kerja dalam suatu komite yang bertanggung jawab untuk menyusun standar teknis yang sangat spesifik. Biasanya jumlah anggotanya sedikit, terdiri dari para ahli. WG mengembangkan standar yang diusulkan dalam NP yang telah disetujui, yang kemudian berurutan menghasilkan WD, CD, dan FDIS.WP (Working Paper) Dokumen yang dikirimkan ke komite (WG, RG, SC, dan TC). WP diberikan nomor dokumen (nomor “N”). WP tidak memerlukan persetujuan, hanya untuk pengajuan atau kontribusi kepada komite.

 
Referensi
BSN. (2016). Pedoman adopsi Standar Internasional dan publikasi internasional lainnya bagian 2: Adopsi publikasi internasional selain Standar Internasional menjadi Standar Nasional Indonesia (Perka BSN No.2/2016). Jakarta: JDIH BSN.
IEC. (2019). International Standards and other publications. Retrieved November 17, 2019, from https://www.iec.ch/standardsdev/publications/tr.htm
ISO. (n.d.). Deliverables. Retrieved November 17, 2019, from https://www.iso.org/deliverables-all.html
ISO. (n.d.). Glossary. Retrieved November 17, 2019, from https://www.iso.org/glossary.html
ISO. (n.d.). Stages and resources for standards development. Retrieved November 17, 2019, from https://www.iso.org/stages-and-resources-for-standards-development.html
ISO/IEC. (2019). ISO/IEC Directives, Part 1: Consolidated ISO Supplement – Procedures specific to ISO (10th ed.). Retrieved from https://www.iso.org/sites/directives/current/consolidated/index.xhtml
ISO/IEC JTC1. (2005). Acronym summary. Retrieved November 17, 2019, from http://jtc1sc32.org/acronym_summary.html
SAE International. (2008, March). US Tag Committee Handbook [Word document]. Retrieved from http://www.sae.org/exdomains/standardsdev/global_resources/US%20TAG%20Committe%20Handbook%206March2008.doc

Like this:Like Loading…

Source link